Fujifilm Kembangkan Alat Deteksi Corona yang Lebih Cepat dari PCR

Happy Fajrian
3 April 2020, 21:37
alat uji, covid 19, virus corona, fujifilm
ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/aww.
Alat uji cepat atau rapid test Covid-19. Perusahaan asal Jepang, Fujifilm Holdings Inc. tengah mengembangkan alat deteksi Covid-19 yang dapat memberikan hasil uji yang akurat hanya dalam waktu dua jam.

Fujifilm Holdings Inc. tengah mengembangkan alat pendeteksi virus corona alias Covid-19 yang dapat memberikan hasil yang akurat hanya dalam waktu 2 jam saja.

Alat tes tersebut saat ini tengah dikembangkan entitas anak Fujifilm yakni Fujifilm Wako Pure Chemical Corp. dan akan diluncurkan ke pasar pada 15 April 2020.

“Alat deteksi SARS-CoV-2RT-qPCR mampu mendeteksi virus lebih cepat daripada tes PCR (polymerase chain reaction) yang hasilnya baru didapat empat sampai enam jam,” tulis pernyataan perusahaan seperti dikutip Reuters, Jumat (3/4).

Di sisi lain, Fujifilm terus melakukan serangkaian uji klinis untuk memastikan keamanan dan efektivitas Avigan dalam mengobati corona. Perusahaan akan memberikan Avigan kepada 100 pasien Covid-19 di rumah sakit di Jepang.

(Baca: Tiongkok Sebut Obat Merek Avigan Buatan Fujifilm Efektif Atasi Corona)

Sejumlah dokter di Jepang telah menggunakan obat tersebut untuk mengobati corona. Sebelumnya Tiongkok telah mengumumkan bahwa obat tersebut efektif mengobati pasien corona walau ada beberapa penelitian yang menemukan kemungkinan efek samping terhadap janin.

Namun Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah menyampaikan dukungannya untuk penggunaan Avigan, yang sejatinya merupakan obat flu ini, sebagai pengobatan virus corona.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...