Bantu Lawan Corona di Jakarta, Liga Muslim Dunia Donasi Rp 4 Miliar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menyalurkan bantuan tersebut untuk operasional Hotel Grand Cempaka yang menampung tenaga medis corona.
Image title
Oleh Tri Kurnia Yunianto
3 April 2020, 16:21
bantuan liga muslim dunia, anies baswedan, jakarta, pandemi corona, virus corona, covid 19
ANTARA FOTO/Dewanto Samodro
DKI Jakarta menerima bantuan sebesar Rp 327 juta dari Liga Muslim Dunia untuk menangani Covid-19 di ibu kota.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan bantuan sebesar Rp 4,327  miliar Liga Muslim Dunia untuk penanganan pandemi virus corona atau Covid-19 di Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, bantuan tersebut rencananya akan dialokasikan untuk biaya operasional Hotel Grand Cempaka yang digunakan sebagai tempat menginap tenaga medis.

Dana tersebut akan langsung diberikan pada PT Jakarta Tourisindo selaku pengelola hotel. Dengan bantuan yang terus mengalir dari berbagai pihak, Anies berharap penanganan pandemi ini akan semakit cepat.

"Dukungannya adalah bagaimana mereka mensupport tenaga medis dan dukungan diberikan langsung supaya nanti bisa diserahkan langsung pada pengelola Hotel Grand Cempaka supaya nantinya bisa dimanfaatkan bagi tenaga medis kita," kata Anies saat menggelar konferensi pers di Balaikota Jakarta, Jumat (3/4).

(Baca: Anies Janjikan Bantuan Tunai Rp 1 Juta per Keluarga Miskin Jakarta)

Menurut Anies, Pemprov DKI Jakarta sangat mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak dalam menangani corona. Hal ini juga dapat dilakukan secara konsisten dengan menjalin kerja sama di bidang lainnya. "Masalah penanganan Covid-19 ini mereka memutuskan mendukung dan kami mengapresiasi sekali," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Ahmad bin Muhammad mengatakan bantuan ini merupakan bantuan tahap pertama sebagai bentu solidaritas Umat Muslim. Nantinya, jika masih membutuhkan bantuan akan disalurkan kembali bantuan-bantuan lainnya.

Dengan begitu, dia yakin Indonesia akan mampu melewati masa-masa kritis pandemi virus corona. "Dunia Islam melihat ini sangat penting untuk turut berpartisipasi dalam membantu penanganan virus corona bukan hanya di Indonesia tapi juga di seluruh alam," kata dia.

(Baca: Jakarta Darurat Corona, Bantuan untuk Tenaga Medis Terus Berdatangan)

Sebelumnya, Yayasan Buddha Tzu Chi juga memberikan bantuan berupa 100 ribu alat rapid test atau alat uji cepat Covid-19, dan 50 ribu buah masker. Yayasan ini merupakan salah satu pihak yang paling awal bergerak membantu penanganan wabah di ibu kota.

Anies juga menyebutkan bahwa Yayasan Buddha Tzu Chi sangat aktif dalam memberikan dukungan untuk meningkatkan infrastruktur rumah sakit bagi pasien positif corona. Dia berharap, nantinya akan banyak pihak saling bahu membahu membantu pemerintah untuk melawan pandemi yang telah menginfeksi lebih dari satu juta orang di seluruh dunia ini.

(Baca: Sisi Minus Stimulus Rp 405 Triliun dalam Penanganan Virus Corona)

 

Catatan Redaksi: Artikel ini mengalami perubahan judul dan paragraf pertama pada Sabtu (4/4). Perubahan terkait angka sumbangan dari Liga Muslim Dunia. 

 

Reporter: Tri Kurnia Yunianto

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait