KKP Minta Akses Logistik Perikanan Tak Dibatasi di Zona Merah Corona

Rizky Alika
1 April 2020, 22:02
kementerian kkp, perikanan, logistik perikanan, corona, pandemi corona
ANTARA FOTO/Ampelsa/foc.
Akses logistik maupun sarana produksi perikanan sempat terhambat karena sejumlah wilayah melakukan penutupan akses jalan untuk menghambat penyebaran corona.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meminta akses pengiriman sarana produksi dan logistik di bidang kelautan dan perikanan tidak dibatasi, termasuk di wilayah zona merah pandemi corona (Covid-19).

Hal ini lantaran banyaknya kendala akses pengiriman yang dialami pengusaha perikanan yang disebabkan pembatasan dan penutupan akses jalan. Padahal, Presiden Joko Widodo telah meminta daerah untuk mempermudah akses pengiriman logistik guna memasok kebutuhan pangan masyarakat.

Advertisement

"Sektor perikanan, khususnya sub sektor perikanan budidaya ini kan sangat erat kaitannya dengan masalah suplai pangan bagi masyarakat," kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (1/4).

Dia berharap akses pengiriman input produksi dapat dipermudah. Produksi yang dimaksud meliputi pakan ikan, induk/calon induk, benih, bibit rumput laut dan sarana produksi lainnya, serta hasil produksi budidaya dan nelayan.

(Baca: Banyak Restoran Tutup Terimbas Corona, Permintaan Ikan Anjlok 20%)

Menurutnya, produk perikanan bisa tersedia jika produksi tetap berjalan. Oleh karena itu, KKP telah menyiapkan strategi untuk mendorong distribusi dan menjamin sistem logistik perikanan.

KKP telah mengirimkan surat permohonan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 agar memberikan jaminan akses distribusi input produksi dan logistik ikan. Hal ini penting untuk memberikan kepastian usaha, khususnya bagi UMKM perikanan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement