Peneliti Ragu Kesiapan Pemerintah Hadapi Bencana Alam di Tengah Corona

Rizky Alika
31 Maret 2020, 15:37
bencana alam, gempa bumi, virus corona, pandemi corona,
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/foc.
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19) di lingkungan hunian sementara korban bencana gempa dan likuefaksi di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (29/3/2020).

Peneliti mempertanyakan kesiapan pemerintah dalam menghadapi bencana alam di tengah pandemi corona.  Pasalnya Indonesia dilanda bencana alam lainnya, yakni gempa bumi di Sukabumi pada 11 Maret 2020 serta erupsi gunung Merapi pada 28 Maret 2020.

"Bagaimana kesiapannya ketika bencana? Seberapa siap rumah sakit kita untuk menghadapi bencana ketika corona," ujar peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) M. Habib Abiyan dalam diskusi online KSIXChange bertajuk Posisi Think Tanks di Tengah Pandemi Covid-19, Selasa (31/3).

Advertisement

Dia memperkirakan masyarakat akan cenderung lupa untuk menggunakan masker serta mematuhi protokol kesehatan lainnya saat bencana. Dalam kondisi tersebut, ada peluang terjadinya interaksi antara masyarakat yang sehat dengan orang dalam pemantauan (ODP) atau bahkan pasien positif corona.

(Baca: Gempa 5.0 SR di Sukabumi, Guncangan Sempat Terasa hingga Jakarta)

Oleh karena itu dia berharap pemerintah mempersiapkan protokol ketika terjadi bencana. Seperti informasi tempat evakuasi yang aman bila terjadi gempa. Evakuasi juga harus dipastikan dengan baik agar tidak meningkatkan potensi penularan corona. Dalam hal ini, peran serta masyarakat juga menjadi penting dalam mengimplementasikan protokol multi bencana.

Apalagi pendelegasian tugas penanganan corona kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) belum dilakukan dengan lancar. Direktur Eksekutif CSIS Philips J. Vermonte menilai, penanggulangan corona lebih tepat ditangani oleh Kementerian Kesehatan. "BNPB belum bersifat menanggulangi bencana non-alam," ujarnya.

Phillips pun menilai, penularan corona dapat diminimalisir bila pemerintah menggandeng peneliti dan berbagai elemen lainnya. Selain itu, penting bagi pemerintah untuk percaya terhadap masyarakat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement