Diperintah Jokowi, Anies Kembalikan Jadwal Angkutan Umum di Jakarta

Rizky Alika
16 Maret 2020, 19:50
anies baswedan, transportasi umum, jadwal mrt, jadwal lrt, jadwal transjakarta, virus corona
instagram.com/@tmcpoldametro
Antrian Warga yang akan menaiki Bus Transjakarta di Halte Busway depan Univ. Budi Luhur Ciledug, Senin (16/3).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengembalikan jadwal MRT, LRT, dan Transjakarta seperti semula. Hal ini karena antrean penumpang yang mengular pada stasiun MRT, LRT, dan halte Transjakarta, setelah jadwal ketiga transportasi publik tersebut dikurangi secara masif untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19).

"Sesuai arahan Presiden (Joko Widodo) terkait penyelenggaraan kendaran umum masal untuk masyarakat, kami kembali menyelenggarakan kendaraan umum dengan frekuensi tinggi," kata Anies di Balaikota, Jakarta, Senin (16/3).

Advertisement

Menurutnya, selisih waktu kedatangan antar bus atau antar kereta (headway) akan lebih rapat. Jarak antar MRT akan kembali menjadi lima menit pada jam sibuk. Selisih kedatangan antar armada juga akan dikurangi untuk Transjakarta dan LRT.

Jam operasional MRT kembali seperti semula yakni mulai pukul 05.00 hingga 24.00 WIB. Sedangkan, LRT beroperasi mulai 05.00 hingga 23.00 WIB, dan Transjakarta beroperasi selama 24 jam.

(Baca: Antrean MRT- Transjakarta Padat, Social Distancing Sulit Diterapkan)

Meski begitu, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut tetap menerapkan social distancing. Kebijakan ini diterapkan dengan membatasi penumpang di tiga kendaraan umum tersebut.

Dalam 16 gerbong pada satu rangkaian MRT jumlah penumpang akan dibatasi menjadi 360 penumpang dibandingkan sebelumnya yang mencapai 1.200 orang. Jumlah penumpang LRT akan dibatasi menjadi 80 penumpang per rangkaian, dari sebelumnya 270 penumpang.

Penumpang Transjakarta ukuran single bus  dibatasi dari 80 penumpang menjadi 30 penumpang. Sedangkan bus gandeng (articulated bus) Transjakarta hanya menampung 60 penumpang dibandingkan sebelumnya 150 penumpang. "Tujuannya mengurangi risiko penularan corona," ujar Anies.

(Baca: Cegah Corona, Tranjakarta, LRT & MRT Beroperasi Terbatas 06.00 - 18.00)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement