Para Menteri Jokowi Jalani Tes Infeksi Corona, Hasilnya Beragam

Hasil pemeriksaan awal beberapa menteri menujukkan kondisi kesehatan yang baik.
Image title
Oleh Happy Fajrian
15 Maret 2020, 22:34
menteri periksa corona, jokowi, hasil pemeriksaan corona menteri
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Sebanyak 12 menteri menjalani pemeriksaan virus corona setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif virus corona dan masih sempat menghadiri rapat terbatas di Istana Negara.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo atau Jokowi, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju melakukan pengecekan infeksi virus corona Covid-19 hari ini, Minggu (15/3), di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

“Semua (menteri diperiksa),” ujar Presiden pada konferensi pers di Istana kepresidenan Bogor, Minggu (15/3).

Adapun 12 menteri yang menjalani pemeriksaan infeksi Covid-19 di antaranya Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate; Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM Mahfud MD; Menteri PPN/Ketua Bappenas Suharso Monoarfa, serta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Kemudian Menteri Agraria & Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil, Menteri Badan Umum Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro.

(Baca: Menteri BUMN Erick Thohir Jalani Tes Corona, Hasilnya Negatif)

Lalu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Hasil pemeriksaan beberapa menteri pun sudah diketahui. Seperti Menteri BUMN Erick Thohir, yang menjalani pemeriksaan beserta isteri. “Dipastikan kondisi kesehatannya baik. Tadi bersama isteri sudah mengikuti cek virus corona, hasilnya baik (negatif),” kata Media Assistant Menteri BUMN Ratna Irsana.

Kemudian hasil serupa juga didapatkan Menteri Kominfo Johnny G. Plate. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu menjelaskan bahwa hasil tes rontgen paru-paru dan tes darah menunjukkan hasil yang baik.

“Hasil tes swab tenggorokan dan mulut bagian dalam akan keluar dalam waktu tiga hingga empat hari kedepan,” ujarnya melalui pernyataan pers malam ini.

(Baca: Menteri Perhubungan Budi Karya Positif Terinfeksi Corona)

Sebelumya Menteri Kominfo duduk tidak jauh dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang merupakan pasien positif virus corona ke-76. “Selanjutnya Menteri Kominfo akan terus melaksanakan tugas kementerian seperti biasa,” ujar Ferdinandus.

Kemudian Menko Polhukan Mahfud MD juga menjalankan pemeriksaan pagi ini dan langsung dibolehkan pulang. “Kegiatan di Kemenko Polhukam akan berjalan seperti biasa, namun dengan interaksi yang sangat terbatas,” ujar Staf Khusus Menko Polhukam Rizal Mustary.

Sedangkan Sekjen DPP PPP Arsul Sani menyampaikan bahwa Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa yang duduk di sebelah Menhub pada rapat terbatas (ratas) di Istana Negara Kamis 11 Maret 2020, juga menjalani pemeriksaan virus corona hari ini.

“Keadaan Pak Suharso saat ini sehat dan baik sekali, namun tentu membatasi bertemu dengan orang sebagai bagian dari upaya pencegahan jika nanti hasil pemeriksaannya positif,” kata Arsul sembari menegaskan bahwa hingga Minggy siang belum ada hasil pemeriksaan yang menunjukkan Suharso terpapar Covid 19.

(Baca: Menhub Rapat di Istana & Ketemu Menteri Belanda Sebelum Positif Corona)

Tim Komunikasi Publik Kementerian PPN/Bappenas pun menyampaikan hal yang sama, “kurang tepat jika dikatakan bahwa Menteri PPN diduga terpapar Covid-19 dan sedang mengisolasi diri. Saat ini Suharsi dalam keadaan sehat tanpa menunjukkan gejala apapun dari Covid-19”.

Sedangkan hasil pemeriksaan beberapa menteri lainnya belum diketahui serta belum ada keterangan dari masing-masing kementerian terkait.

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait