Cegah Covid-19, Jokowi: Saatnya Bekerja, Belajar dan Ibadah dari Rumah

Happy Fajrian
15 Maret 2020, 16:03
jokowi, virus corona, covid 19,
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras.
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait penangangan COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020). Presiden meminta agar masyarakat Indonesia bekerja, belajar dan beribadah di rumah serta tetap tenang, tidak panik, tetap produktif.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan kepada Menteri Kesehatan dan kementerian terkait untuk meningkatkan langkah-langkah ekstra dalam menangani pandemi global virus corona atau Covid-19.

Jokowi meminta agar seluruh rakyat Indonesia untuk tetap tenang, tidak panik, dan tetap produktif dengan meningkatkan kewaspadaan agar penyebaran Covid19 ini bisa dihambat dan disetop.

“Dengan kondisi ini, saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah. Inilah saatnya bekerja bersama-sama, saling tolong menolong ,dan bersatu padu, gotong royong,” kata Jokowi pada Konferensi Pers di Istana Bogor, Minggu (15/3).

Presiden menginginkan ini menjadi sebuah gerakan di masyarakat agar masalah corona ini bisa ditangani dengan maksimal. Jajaran pemerintah daerah (Pemda) pun telah melakukan langkah-langkah efektif dan efisien dalam menangani penyebaran dan dampak Covid-19.

(Baca: Jokowi Bentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19)

“Sebagai negara besar dan negara kepulauan, tingkat penyebaran Covid-19 ini derajatnya bervariasi antar daerah,” kata Jokowi. Oleh karena itu dia  meminta seluruh Gubernur, bupati, dan walikota untuk terus memonitor kondisi daerah dan terus berkonsultasi dengan pakar medis dalam menelaah kasus.

Adapun beberapa daerah telah menetapkan sejumlah kebijakan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona lebih luas lagi. Seperti membuat kebijakan proses belajar mengajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa, serta kebijakan aparatur sipil negara (ASN) bekerja di rumah secara online.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...