Dinyatakan Negatif Corona, Pasien ke-6 dan ke-14 Bisa Pulang Hari ini

Pasien ke-6 dan ke-14 sudah diperiksa sebanyak dua kali dan hasilnya negatif Covid 19 atau virus corona.
Dimas Jarot Bayu
11 Maret 2020, 14:42
virus corona, pasien 6, pasien 14, covid 19,
ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-h
Warga menuju jalur antrian taksi setelah turun dari kapal pesiar Diamond Princess, di Terminal Kapal Dermaga Daikoku di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang, Rabu (19/2/2020).

Dua pasien yang sebelumnya tertular virus corona Covid-19 telah dinyatakan negatif dari penyakit tersebut. Kedua pasien tersebut diidentifikasi dengan nomor kasusnya yakni pasien 6 dan pasien 14.

Pasien 6 merupakan kru kapal pesiar Diamond Princess yang sebelumnya dinyatakan tertular Covid-19 ketika dipulangkan dari Jepang ke Indonesia. Sementara, pasien 14 merupakan laki-laki berusia 50 tahun yang tertular setelah berpergian ke luar negeri.

"Pasien 06 dan pasien 14 ini sudah dua kali diperiksa negatif," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/3).

Karena telah dinyatakan negatif Covid-19, keduanya telah diperbolehkan untuk pulang ke rumah masing-masing mulai hari ini, Rabu (11/3). Meski demikian, Yurianto meminta mereka untuk tetap mengisolasi diri di rumah setelah dipulangkan.

Advertisement

(Baca: Hasil Uji Laboratorium Pasien ke-6 Corona Sempat Negatif)

Artinya, mereka harus tetap menggunakan masker, menghindari kontak dekat dengan orang lain, tidak menggunakan alat makan dan minum bersama, serta mengurangi aktivitas di luar rumah. Menurut Yurianto, isolasi mandiri harus dilakukan selama 14 hari. "Meskipun sudah negatif, kami masih harapkan mereka berhati-hati," kata Yurianto.

Saat ini, pemerintah terus mengedukasi mereka terkait dengan persiapan pulang dan pelaksanaan isolasi mandiri. Menurut Yurianto, edukasi tersebut tak mudah karena penjelasannya harus secara komprehensif.  "Kami sebentar lagi akan mencoba mengkoordinasikan untuk bisa dikembalikan," kata dia.

Walaupun ada dua orang yang telah dinyatakan negatif, satu pasien positif corona dengan identifikasi kasus nomor 25 meninggal dunia. Pasien tersebut merupakan warga negara asing (WNA) berusia 53 tahun.

(Baca: Satu Pasien Positif Corona di Indonesia Meninggal Dunia)

Yurianto mengatakan, pasien tersebut meninggal dunia karena juga menderita beberapa penyakit penyerta. Penyakit tersebut telah diderita pasien 25 sebelum dirawat di rumah sakit.

"Ada faktor penyakit mendahuluinya, di antaranya diabetes, hipertensi, hipertiroid dan sakit paru-paru obstruksi menahun,” kata Yurianto.

Sekadar informasi, sudah ada 27 orang yang terdeteksi positif Covid-19 di Indonesia. Dari 27 orang tersebut, 14 orang diketahui tertular di dalam negeri. Sementara, 13 orang lainnya tertular dari negara lain.

Adapun, 23 pasien positif Covid-19 merupakan warga negara Indonesia (WNI). Sedangkan, empat orang lainnya merupakan WNA.

(Baca: Cerita Orang Indonesia Jalani Isolasi saat Wabah Corona di Tiongkok)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait