4 Orang Diduga Terinfeksi Setelah Kontak Dekat dengan 2 Pasien Corona

Dimas Jarot Bayu
6 Maret 2020, 16:28
virus corona, suspect corona, pasien positif corona
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Pekerja rumah sakit menggunakan masker di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta. Pemerintah menelusuri 25 orang yang diduga melakukan kontak dekat dengan dua pasien yang positif corona pada acara dansa 14-15 Februari 2020.

Pemerintah telah menelusuri 25 orang yang diduga melakukan kontak dekat dengan dua pasien positif virus corona Covid-19. Mereka merupakan peserta acara dansa yang sempat didatangi oleh pasien penderita Covid-19 di Jakarta pada Jumat (14/2) dan Sabtu (15/2).

“Ini adalah bagian yang kita duga keras memiliki kontak dekat dengan kasus nomor 1,” kata juru bicara pemerintah terkait penanganan virus corona, Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (6/3).

Advertisement

Dari 25 orang tersebut, Yurianto menyebut tidak semua diperiksa kesehatannya. Hanya orang-orang yang melakukan kontak langsung dengan pasien penderita Covid-19 yang diperiksa kesehatannya.

Adapun, Yurianto menyebut ada empat orang yang diduga (suspect) telah terinfeksi Covid-19 dari 25 orang tersebut. Sebab, mereka diketahui mengalami gejala influenza tingkat sedang, seperti batuk, pilek, dan demam.

(Baca: Tiga WNI Awak Diamond Princess Telah Sembuh dari Virus Corona)

Gejala tersebut serupa dengan yang dialami penderita Covid-19. “Kemudian kami tracing bahwa influenza setelah kontak dengan kasus 1 dan kasus 2,” kata Yurianto.

Menurut Yurianto, empat suspect Covid-19 di klaster Jakarta telah diisolasi. Mereka juga telah diperiksa sampelnya di laboratorium. Hasil pemeriksaan diharapkan sudah ada pada Jumat (6/3) sore. “Karena sudah diambil spesimennya bersamaan dengan hasil kasus 1 dan 2,” kata Yurianto.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement