Pertamina Kaji Pemindahan Kilang Baru dari Bontang ke Sumatera

Image title
2 Maret 2020, 16:33
kilang bontang, pertamina, grass root refinery
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid
Ilustrasi kilang minyak. Pertamina mencari lokasi baru di Sumatera untuk membangun kilang grass root refinery yang awalnya akan dibangun di Bontang, Kalimantan Timur.

Pertamina mengkaji pemindahan lokasi pembangunan kilang baru grass root refinery (NGRR) yang semula di Bontang, Kalimantan Timur, ke Pulau Sumatera. Perusahaan energi pelat merah ini mengkaji dua lokasi baru yang menjadi opsi pembangunan kilang, yakni Kuala Tanjung, Sumatera Utara, dan Arun, Aceh.

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko (PIMR) Pertamina Heru Setiawan mengungkapkan Kuala Tanjung menjadi kandidat terkuat menggantikan Bontang.

Advertisement

"Karena dekat dengan pasar, lahannya ada kan di situ pasar internasional terus di Sumatera juga," ujar Heru saat ditemui di Jakarta, Senin (2/3).

Di samping itu, dia juga menjelaskan bahwa pemindahan lokasi kilang juga mempertimbangkan adanya perubahan mitra pembangunan kilang. Pertamina tidak lagi bermitra dengan perusahaan migas asal Oman yakni Overseas Oil and Gas LLC (OOG).

(Baca: Luhut Gandeng Mubadala dan Adnoc untuk Proyek Kilang Pertamina)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement