238 WNI Peserta Observasi di Natuna Tiba di Bandara Halim Jakarta

Happy Fajrian
15 Februari 2020, 18:37
wni, natuna, tiongkok, virus corona, wuhan
ANTARA FOTO
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) menerima dokumen hasil observasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah selesai menjalani masa observasi usai dievakuasi dari Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. dari Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Budi Sylvana (kedua kanan) di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (15/2/2020).

Ratusan warga negara Indonesia (WNI) peserta observasi virus corona di Natuna tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, sore ini, Sabtu (15/2). WNI tersebut datang bersama dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang menjemput.

“Kami berangkat dari Natuna menggunakan tiga pesawat, dua pesawat Boeing, dan satu pesawat hercules TNI AU,” kata Menkes saat tiba bersama rombongan kloter pertama di Gedung Sasana Sanggala Praja Halim Perdanakusuma.

Advertisement

Adapun kloter pertama rombongan WNI dari Natuna tiba sekitar pukul 15.30 WIB, dan dua kloter berikutnya tiba dengan interval pendaratan sekitar lima menit setelah kloter pertama mendarat.

Jumlah peserta observasi di Natuna tercatat mencapai 285 orang. Jumlah WNI yang dievakuasi sebanyak 238 orang. Rata-rata peserta berusia 24 tahun, dengan yang termuda berusia 5 tahun, dan tertua 64 tahun. Dari jumlah tersebut, sebanyak 80 orang berjenis kelamin laki-laki, dan 158 orang perempuan.

 (Baca: Bebas Virus Corona, WNI yang Diobservasi di Natuna Pulang Siang ini)

Sisanya adalah awak pesawat dari Tim Aju KBRI Beijing 5 orang, penjemput 42 orang yang terdiri dari kru pesawat Batik Air 18 orang, Kemenkes dan Kemenlu masing-masing 3 orang. “Tim kesehatan TNI 8 orang, serta pengamanan TNI 10 orang,” kataTerawan.

WNI peserta observasi dilaporkan keluar melalui pintu gerbang selatan Asrama Haji Halim Perdanakusuma dan dijemput oleh keluarganya. “Peserta observasi dari sejumlah daerah di luar Jabodetabek dikumpulkan di Halim lalu melanjutkan perjalanan pulang ke daerah masing-masing,” kata Terawan.

Dapat Pujian dari WHO

Adapun cara Pemerintah menangani WNI setelah dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok, untuk kemudian diobservasi di Natuna mendapatkan pujian dari perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Indonesia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement