Pakai Digital, ASDP Tak Layani Beli Tiket di Pelabuhan Mulai Maret

Image title
6 Februari 2020, 15:45
asdp indonesia ferry, tiket pelabuhan,
ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Ilustrasi pelabuhan. Mulai 1 Maret 2020 ASDP Indonesia Ferry tidak akan melayani pembelian tiket di 35 pelabuhan miliknya.

PT ASDP Indonesia Ferry semakin serius menerapkan digitalisasi bisnis jasa pelabuhan dan penyeberangan. Mulai 1 Maret 2020, pembelian tiket tidak dapat dilakukan secara langsung alias go show di 35 pelabuhan milik perusahaan pelat merah ini.

Sebagai penggantinya, Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspitadewi menjelaskan pembelian tiket bisa dibeli di beberapa gerai offline, seperti melalui Kantor Pos Indonesia, Alfamart, atau melalui aplikasi pembelian tiket milik ASDP. Menurutnya, pembelian tiket melalui Pos Indonesia masih sangat revelan untuk daerah-daerah yang jauh dari kota.

Advertisement

"Dulu masih manual, seperti beli tiket bus jaman dulu. Sebentar lagi basisnya akan elektronik," kata Ira, saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (6/2).

Meski demikian dia menjelaskan bahwa  digitalisasi ini merupakan perjalanan panjang, sehingga perlu dilakukan secara bertahap. Untuk menerapkan digitalisasi penjualan tiket pada 35 pelabuhannya Ira menyebutkan akan butuh waktu 1 - 1,5 tahun.

(Baca: Erick Thohir Tunjuk Dua Direktur Baru ASDP Indonesia Ferry)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement