Pakai Digital, ASDP Tak Layani Beli Tiket di Pelabuhan Mulai Maret
PT ASDP Indonesia Ferry semakin serius menerapkan digitalisasi bisnis jasa pelabuhan dan penyeberangan. Mulai 1 Maret 2020, pembelian tiket tidak dapat dilakukan secara langsung alias go show di 35 pelabuhan milik perusahaan pelat merah ini.
Sebagai penggantinya, Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspitadewi menjelaskan pembelian tiket bisa dibeli di beberapa gerai offline, seperti melalui Kantor Pos Indonesia, Alfamart, atau melalui aplikasi pembelian tiket milik ASDP. Menurutnya, pembelian tiket melalui Pos Indonesia masih sangat revelan untuk daerah-daerah yang jauh dari kota.
"Dulu masih manual, seperti beli tiket bus jaman dulu. Sebentar lagi basisnya akan elektronik," kata Ira, saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (6/2).
Meski demikian dia menjelaskan bahwa digitalisasi ini merupakan perjalanan panjang, sehingga perlu dilakukan secara bertahap. Untuk menerapkan digitalisasi penjualan tiket pada 35 pelabuhannya Ira menyebutkan akan butuh waktu 1 - 1,5 tahun.
(Baca: Erick Thohir Tunjuk Dua Direktur Baru ASDP Indonesia Ferry)