Tampik Seperti Jiwasraya, Taspen Pamer Laba Tahun Lalu Rp 388 Miliar

Image title
27 Januari 2020, 20:54
taspen, laba bersih, kinerja taspen
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Jajaran Direksi PT Taspen (Persero) saat paparan kinerja 2019 di Menara Taspen, Jakarta, Senin (27/1). Taspen membukukan kenaikan laba bersih 43% menjadi Rp 388,2 miliar pada 2019.

PT Taspen (Persero) menampik kabar bahwa kondisi keuangannya sama seperti PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Hal itu terlihat dari catatan laba bersih perusahaan sepanjang 2019 yang mencapai Rp 388,24 miliar, naik 43% dibandingkan tahun sebelumnya (year on year/yoy) Rp 271,55 miliar.

"Belakangan media banyak soroti soal krisis di salah satu BUMN asuransi. Isu bergulir, melebar, dan meyoroti Taspen. Kami sengaja mengundang media untuk bisa dapat penjelasan langsung dari kami," kata Komisaris Utama Taspen, Franky Sibarani di Menara Taspen, Jakarta, Senin (27/1).

Lonjakan laba pada 2019 dikontribusi oleh kenaikan pendapatan premi sebesar Rp 977 miliar, tumbuh 12,08% yoy dari Rp 8,09 triliun menjadi Rp 9,07 triliun. Selain itu, pertumbuhan laba tahun lalu juga disokong oleh kenaikan pendapatan investasi sebesar Rp 1,46 triliun, tumbuh 19,08% yoy.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Taspen, Antonius N. Steve Kosasih menjelaskan, lonjakan kinerja tersebut salah satunya karena strategi investasi Taspen yang sedikit berbeda dibandingkan dengan sebelumnya. Steve yang tahun lalu menjabat Direktur Investasi Taspen mengatakan, kehati-hatian dalam melakukan investasi menjadi kuncinya.

(Baca: Ombudsman Bentuk Tim Investigasi Kasus Jiwasraya, Asabri, dan Taspen)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...