ESDM Targetkan Empat Pabrik Smelter Mulai Beroperasi Tahun Ini

Image title
23 Januari 2020, 18:59
kementerian esdm, smelter,
Wahyu Dwi Jayanti | KATADATA
Ilustrasi smelter. Kementerian ESDM menargetkan empat smelter mulai operasional tahun ini yakni dua smelter nikel, smelter mangan, dan smelter timbal.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian atau smelter terus berjalan. Adapun ESDM menargetkan empat pabrik smelter siap beroperasi tahun ini.

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM Yunus Saefulhak menyampaikan, keempat smelter tersebut terdiri dari dua smelter nikel yang akan diolah menjadi feronikel dan nikel pig iron. Kemudian smelter timbal dan smelter mangan.

"Tahun 2020 diharapkan ada empat smelter (beroperasi),  smelter nikelnya ada dua," kata Yunus di Kantor Ditjen Minerba, Jakarta, Kamis (23/1).

Kendati demikian, dia mengungkapkan bahwa salah satu proyek smelter yang akan rampung tahun ini merupakan proyek yang seharusnya selesai tahun lalu. Proyek tersebut yakni smelter feronikel milik PT Aneka Tambang (ANTM) Tbk di Halmahera Timur, Maluku Utara.

(Baca: Pasok Kebutuhan Listrik Industri Smelter, PLN Sebut Siap Dipinalti)

Yunus menjelaskan bahwa molornya pembangunan smelter Antam disebabkan terkendalanya pasokan listrik. Adapun kapasitas input nikel ore dari smelter Antam ini mencapai 1,22 juta ton per tahun dengan kapasitas produksi feronikel mencapai 64.655 ton per tahun.

“Harusnya (rampung) November, tapi terlambat supply power. Ini keterlambatan kontraktor anak usaha PLN, karena nggak bisa deliver, mundur sampai Juni,” jelasnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...