Iran Akui "Tak Sengaja" Tembak Jatuh Pesawat Boeing Ukraina Airlines

Happy Fajrian
11 Januari 2020, 11:54
iran, pesawat ukraina airlines jatuh ditembak
ANTARA FOTO/REUTERS/Nazanin Tabatabaee/WANA (West Asia News Agency)
Serpihan pesawat Maskapai Internasional Ukraina, yang jatuh setelah lepas landas dari bandara Imam Khomeini Iran, di pinggiran Teheran, Iran, Rabu (8/1/2020).

Pemerintah Iran mengeluarkan pernyataan resmi bahwa Tentara Revolusi Iran secara "tidak sengaja" menembak jatuh pesawat Boeing milik Ukraina Airlines dan menewaskan 176 penumpang dan awak pesawat di dalamnya.

"Pihak-pihak yang bertanggung jawab akan dirujuk ke departemen kehakiman di dalam militer untuk dimintai pertanggungjawaban," tulis pernyataan itu seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (11/1).

Pernyataan ini hanya beberapa hari berselang setelah Iran menyangkal jatuhnya pesawat tersebut karena ditembak rudal oleh militernya. Padahal pihak intelijen Amerika Serikat (AS) dan Kanada memiliki bukti bahwa pesawat jatuh karena rudal Iran.

"Kami memiliki intelejen dari berbagai sumber, termasuk sekutu kami dan intelejen kami sendiri. Bukti menunjukkan bahwa pesawat itu ditembak jatuh oleh rudal Iran," ujar Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau dalam konferensi pers di Ottawa, Jumat (10/1).

(Baca: Pesawat Boeing 737 Milik Ukraina Airlines Jatuh di Iran)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...