Meski Tuai Polemik, Menteri Edhy Tetap Izinkan Ekspor Benih Lobster

Image title
16 Desember 2019, 12:32
menteri kelautan dan perikanan, edhy prabowo, ekspor benih lobster
ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (kanan) bakal tetap mengizinkan kembali ekspor benih lobster.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan bahwa rencana untuk kembali membolehkan ekspor benih lobster masih dalam pengkajian. Kendati demikian, dia bersikukuh dengan rencana tersebut meski menuai banyak polemik.

"Mau ekspor atau tidak itu tergantung hasil kajiannya. (Tapi) banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari menangkap benih lobster. Kalau dilarang, (mereka) mau diapakan? Tentu penyelundupan makin banyak," ujar Edhy di Jakarta, Senin (16/12).

Menurutnya, aturan larangan ekspor benih lobster yang sempat diberlakukan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan sebelumnya, Susi Pudjiastuti, justru meningkatkan jumlah penyelundupan. Oleh karena itu dia meyakini langkah mengizinkan kembali ekspor dapat menambah devisa negara.

Salah satu alasan lainnya Edhy mengizinkan kembali ekspor benih lobster yaitu terbatasnya infrastruktur budidaya untuk membesarkan lobster. Meski aturannya masih terus dikaji, Vietnam diperkirakan akan menjadi target pasar utama ekspor.

(Baca: Kurangi Penyelundupan, Luhut Dukung Edhy Prabowo Ekspor Benih Lobster)

"Kalau anda tanya saya, ya saya ingin (benih lobster) dibesarkan di sini. Tapi kita mempertimbangkan infrastrukturnya sesiap apa. Selama ini (ekspor lobster) terjadi kan tidak langsung ke Vietnam tapi melalui perantara," kata dia.

Sebelumnya, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastusti menjelaskan bahwa pembesaran benih lobster tidak perlu di tambak, melainkan cukup mengatur ukuran lobster yang boleh ditangkap.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...