Kemenhub Siapkan 55 Bus Mudik Gratis Sambut Libur Natal & Tahun Baru

Image title
9 Desember 2019, 22:43
mudik gratis natal, kemenhub
Suasana Terminal Pulogebang. Kemenhub dan Jasa Raharja menyediakan 55 bus untuk mudik gratis Natal 2019 dan Tahun Baru.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Jasa Raharja menggelar mudik gratis bagi masyarakat yang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru di kampung halaman. Kemenhub menyediakan 55 unit bis gratis yang melayani tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Kami sediakan 35 bis dan Jasa Raharja 20 bis jadi total 55 bis ke kota tujuan Semarang, Yogyakarta, Solo, Boyolali, dan ke Malang," ujar Sekertaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Cucu Mulyana saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Senin (9/11).

Advertisement

Dia menambahkan, jika program mudik gratis ini berhasil, Kemenhub akan kembali menggelar mudik gratis pada Lebaran mendatang. Titik pemberangkatan juga berbeda dari yang sebelumnya di Monumen Nasional (Monas) menjadi di beberapa terminal seperti di Pulogebang, Kampung Rambutan, Poris Plawad, Kalideres, dan Batujajar. 

(Baca: Kemenhub Proyeksi 60% Pemudik Libur Natal Gunakan Transportasi Darat)

Hingga saat ini, jumlah kursi yang disediakan telah terisi sebanyak 75%. Dalam waktu seminggu ke depan jumlah kursi yang disediakan diperkirakan akan terisi seluruhnya. "Kami sedang uji coba saat Natal dan Tahun Baru, kalau berhasil tentu kita akan kaji untuk diaplikasikan di libur Lebaran," kata dia.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Sugihardjo menjelaskan berdasarkan hasil survei yang dilakukannya terhadap 2.500 responden secara online, sebanyak 60% pemudik yang akan merayakan Natal di kampung halaman menggunakan transportasi jalan raya, transportasi udara 24%, kereta api 15% dan kapal laut 1%. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement