Erick Thohir Copot Ari Askhara, Petinggi Garuda Lainnya Bungkam

Image title
5 Desember 2019, 18:55
garuda indonesia, harley davidson, penyelundupan
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) dan Dirjen Bea Cukai Kemenkeu Heru Pambudi (kiri) menggelar konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memecat Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara lantaran terlibat dalam penyelundupan onderdil motor Harley Davidson dan dua unit sepeda bermerek Brompton.

Jajaran direksi lainnya dari maskapai pelat merah ini bungkam saat dimintai tanggapan terkait pemecatan sang dirut. Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan tak ingin menanggapi hal tersebut.

"Saya tidak ingin jawab. Pak Erick sudah beritahu (pencopotan dirut). Kami ikuti saja," kata Ikhsan yang ditemui usai Rapat Panitia Kerja Komisi VIII DPR RI, di gedung Parlemen, Kamis (5/12).

Senada, Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah yang turut hadir dalam rapat di gedung Parlemen tersebut juga tutup seribu bahasa tidak menjawab pertanyaan.

(Baca: Kronologi Harley di Lambung Garuda yang Rugikan Negara hingga Rp 1,5 M)

Sebelumnya Ikhsan menyatakan bahwa  onderdil motor Harley dan dua unit sepeda Brompton di pesawat Garuda merupakan milik karyawan Garuda. Sedangkan pejabat Garuda yang turut ikut dalam penerbangan tersebut tidak mengetahui adanya barang-barang tersebut.

Dia menegaskan bahwa barang tersebut bukan tanggung jawab perusahaan, dan telah melalui proses kepabeanan di Delivery Center Airbus, Toulouse, Perancis.

"Itu bawaan individu masing-masing. Karyawan Garuda Indonesia akan tunduk dan mematuhi segala aturan yang berlaku atas putusan dari kepabeanan misalnya harus membayar bea masuk atau prosedur-prosedur lain yang akan dikenakan,” kata dia, di Jakarta, Selasa (3/12).

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...