Mentan Syahrul Limpo Beri Nama Varietas Anggur Baru 'Jan Ethes SP1'

Menurut Mentan Syahrul varietas anggur baru itu memiliki karakteristik yang sama dengan cucu Presiden.
Image title
15 November 2019, 20:49
kementerian pertanian, jokowi, varietas anggur baru, jan ethes
Katadata | Dimas Jarot
Ilustrasi Presiden Jokowi bermain dengan cucu pertamanya Jan Ethes. Nama cucu pertama Jokowi tersebut dijadikan nama varietas anggur baru oleh Menteri Pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menamakan varietas anggur baru hasil inovasi Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian dengan nama “Jan Ethes SP1”. Menurutnya, karakteristik buah tersebut sama dengan cucu pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pas sekali, sama seperti Jan Ethes, melihatnya saja kita dibikin tersenyum dan bahagia, anggur Jan Ethes ini pun begitu, begitu dicicipi rasa manisnya bikin tersenyum dan bahagia," kata Syahrul di Pasuruan, seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (15/11).

Nama tersebut diberikan saat acara Pencanangan Gerakan Nasional Pengembangan Mangga dan Anggur sebagai rangkaian acara Pekan Inovasi Mangga Nasional. Acara berlangsung di Kebun Instalasi Penelitian Pengembangan Teknologi Pertanian Cukurgondang, Pasuruan.

Menurutnya, nama Jan Ethes sangat pas dengan karakteristik anggur tersebut, yaitu memiliki cita rasa sangat manis, segar, serta tekstur buah dagingnya krispi dan tidak terlalu berair.

Advertisement

(Baca: Pemerintah Bakal Inovasi Bibit Pertanian yang Tahan Perubahan Iklim)

Selain disukai banyak kalangan, buah anggur tersebut cenderung tidak mudah rontok sehingga dapat disimpan selama tujuh hari setelah panen pada suhu ruang. Buah Jan Ethes tersebut juga dapat diletakkan pada ruang pendingin sehingga dapat bertahan hingga 14 hari.

Kemudian, produktivitasnya mencapai hingga 25 kilogram (kg) per tanaman per tahun. Ia berharap anggur tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri.

Selain serupa dengan cucu Jokowi, Syahrul menilai nama Jan Ethes menyimpan makna yang sangat cocok dengan varietas unggul yang dikembangkan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro), Badan Litbang Pertanian.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan tersebut mengatakan suka dengan nama Jan Ethes. Dalam bahasa Jawa, lanjut Syahrul, Jan memiliki arti sangat. Sedangkan, Ethes berarti cekatan. "Pas sekali, ini varietas unggul," ujar dia.

Ke depan, varietas ini akan terus dikembangkan. Ia juga berharap, anggur varietas baru tersebut akan meningkatkan produksi anggur dalam negeri serta menjadi produk buah unggulan baru.

(Baca: Kementan Buat Riset Pangan untuk Antisipasi Konsumsi Milenial)

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait