Mentan Syahrul Limpo Beri Nama Varietas Anggur Baru 'Jan Ethes SP1'

Rizky Alika
15 November 2019, 20:49
kementerian pertanian, jokowi, varietas anggur baru, jan ethes
Katadata | Dimas Jarot
Ilustrasi Presiden Jokowi bermain dengan cucu pertamanya Jan Ethes. Nama cucu pertama Jokowi tersebut dijadikan nama varietas anggur baru oleh Menteri Pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menamakan varietas anggur baru hasil inovasi Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian dengan nama “Jan Ethes SP1”. Menurutnya, karakteristik buah tersebut sama dengan cucu pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pas sekali, sama seperti Jan Ethes, melihatnya saja kita dibikin tersenyum dan bahagia, anggur Jan Ethes ini pun begitu, begitu dicicipi rasa manisnya bikin tersenyum dan bahagia," kata Syahrul di Pasuruan, seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (15/11).

Advertisement

Nama tersebut diberikan saat acara Pencanangan Gerakan Nasional Pengembangan Mangga dan Anggur sebagai rangkaian acara Pekan Inovasi Mangga Nasional. Acara berlangsung di Kebun Instalasi Penelitian Pengembangan Teknologi Pertanian Cukurgondang, Pasuruan.

Menurutnya, nama Jan Ethes sangat pas dengan karakteristik anggur tersebut, yaitu memiliki cita rasa sangat manis, segar, serta tekstur buah dagingnya krispi dan tidak terlalu berair.

(Baca: Pemerintah Bakal Inovasi Bibit Pertanian yang Tahan Perubahan Iklim)

Selain disukai banyak kalangan, buah anggur tersebut cenderung tidak mudah rontok sehingga dapat disimpan selama tujuh hari setelah panen pada suhu ruang. Buah Jan Ethes tersebut juga dapat diletakkan pada ruang pendingin sehingga dapat bertahan hingga 14 hari.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement