Komisi III DPR Gali Latar Belakang Personal Calon Kapolri Idham Azis

Dimas Jarot Bayu
30 Oktober 2019, 12:30
idham aziz, calon kapolri, dpr wawancara keluarga idham
Dok. Bareskrim Polri
Komisi III DPR RI hari ini, Rabu (30/10) mendatangi rumah calon tunggal Kapolri Idham Azis dan mewawancarai keluarganya tentang pribadi Idham. Ini merupakan awal dari serangkaian uji kepatutan dan kelaikan Idham sebagai calon Kapolri.

Pimpinan dan anggota Komisi III DPR berkunjung ke rumah pribadi calon Kapolri Komjen (Pol) Idham Azis di kawasan Panglima Polim, Jakarta, Rabu (30/10). Kunjungan ini mengawali rangkaian uji kelaikan dan kepatutan (fit and proper test) Idham sebagai calon Kapolri.

Kedatangan Komisi III DPR disambut Idham bersama istrinya, Fitri Handari. Rombongan tamu ini langsung masuk ke dalam rumah untuk berdialog. Salah satu hal yang ditanyakan Komisi III terkait sosok Idham di mata keluarga selama ini. Mereka juga menanyakan apa saja hal yang bisa diteladani dari Idham di keluarga.

Advertisement

Dialog yang dibangun oleh Komisi III dan keluarga Idham terkait dengan hal-hal yang bersifat personal. Tak ada pertanyaan dari Komisi III yang terkait dengan kinerja maupun visi Idham sebagai calon Kapolri. “Kedatangan kami berkenalan dan bertanya tentang pribadi,” kata Ketua Komisi III Herman Herry.

(Baca: Jokowi Ajukan Idham Azis sebagai Calon Tunggal Kapolri)

Kemudian, Herry menanyakan kepada keluarga Idham bagaimana cara mengatur waktu di tengah kesibukannya selama ini. Ada pula pertanyaan bagaimana strategi menangkal pihak-pihak yang ingin mempengaruhi Idham lewat keluarganya.

Istri Idham, Fitri Handari mengatakan bahwa Idham merupakan sosok yang keras. Meski demikian, Fitri menyebut Idham memiliki karakter penyayang kepada keluarganya.

Fitri menilai Idham selalu berusaha mengayomi dirinya dan anak-anak. Saya lihat Bapak (Idham) punya karakter yang punya prinsip, tapi penyayang. Jadi ngemong (keluarga),” kata Fitri.

Sementara itu anak sulung Idham, Ilham Urane Aziz mengatakan, ayahnya merupakan sosok yang berprinsip, disiplin, dan taat aturan. Hal itu, lanjutnya, juga ditularkan kepada anak-anaknya. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement