Menteri KKP Kaji Lagi Cantrang, Pengamat Soroti Dampak Ekonominya

Rizky Alika
30 Oktober 2019, 08:19
kajian penggunaan cantrang, dampak ekonomi cantrang, larangan cantrang
ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Nelayan dari Rembang, Batang, dan Jepara berunjuk rasa memprotes pelarangan penggunaan cantrang oleh KKP di Semarang, Jawa Tengah, medio 2017 lalu.

Pengamat menilai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) perlu memperhitungkan dampak ekonomi terhadap larangan penggunaan cantrang. Hal ini seiring dengan langkah Menteri Edhy Prabowo yang akan mengkaji penggunaan alat tersebut.

Pengamat dari Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan Abdul Halim mengatakan, larangan cantrang telah berdampak pada ekonomi pengusaha kapal maupun anak buah kapal (ABK). Setidaknya ada 15 hingga 20 ABK dalam satu kapal cantrang berukuran 20 gross tonnage (GT).

"Dalam satu tahun lebih, ada banyak kapal yang tidak beroperasi dan tidak memiliki surat izin tangkap ikan. Akibatnya pengusaha maupun ABK tersebut hidup dalam lilitan utang," kata Abdul kepada Katadata.co.id, Selasa (29/10).

Oleh karena itu, dia meminta Menteri Edhy untuk memperhatikan dampak penggunaan cantrang terhadap ekonomi, sosial, dan lingkungan. Bila Edhy melanjutkan larangan cantrang, Abdul meminta adanya kajian efektivitas pengunaan alat tangkap lainnya.

(Baca: Beda dengan Susi Pudjiastuti, Edhy Prabowo Kaji Penggunaan Cantrang)

Alat tangkap alternatif tersebut pun harus mampu mencukupi kebutuhan hidup pengusaha perikanan dan ABK, namun tetap mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan. Bila Edhy memperbolehkan cantrang, KKP harus merevisi aturan untuk memperjelas alat yang bisa digunakan di setiap jenis wilayah perairan.

Aturan yang perlu direvisi yaitu Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2 Tahun 2015 tentang larangan penggunaan alat tangkap ikan pukat hela (trawls) dan pukat tarik (seine nets), serta Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 71 Tahun 2016 tentang jalur penangkapan ikan dan penempatan alat penangkapan ikan.

Terlepas dari keputusan Edhy, Abdul memberikan sejumlah rekomendasi. Pertama, nelayan berkapal kecil dengan ukuran di bawah 10 GT perlu diberikan bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk penggantian alat tangkap.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...