Sudah Final, Tak Ada Jatah di Kabinet untuk 3 Partai Pendukung Jokowi

Dimas Jarot Bayu
25 Oktober 2019, 19:52
kabinet jokowi maruf, kabinet indonesia maju, partai pendukung jokowi,
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pasangan terpilih Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma\'ruf Amin berfoto bersama jajaran Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 di Istana Merdeka, Jakarta Puaat (24/10/2019). Komposisi Kabinet Indonesia Maju disebutkan sudah final dan tidak akan ada perubahan lagi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik seluruh menteri dan wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju. Ada 34 menteri dan 4 kepala lembaga setingkat kementerian, dan hari ini, Jumat (25/10), Jokowi baru saja melantik 12 wakil menteri di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dari seluruh pejabat di Kabinet Indonesia Maju, tujuh partai pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin mendapatkan posisi dalam kabinet. Tidak hanya itu, Gerindra yang juga menjadi oposisi Jokowi-Ma’ruf juga mendapatkan jatah dua kursi menteri.

Advertisement

Namun ada tiga partai pendukung Jokowi-Ma’ruf, yakni Hanura, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Bulan Bintang (PBB) tidak mendapatkan posisi apapun. Begitu pula dengan Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang sebelumnya berencana bergabung dengan koalisi pemerintah.

Jokowi disebut tak akan memberikan jatah di kabinet kepada lima partai tersebut ke depannya. Juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan, komposisi Kabinet Indonesia Maju tidak akan diubah lagi. “Pak Jokowi dengan hak beliau cukup. Saya pikir sudah cukup,” kata Fadjroel di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10).

(Baca: Periode ke-2 Jokowi, Bertabur Wamen dari Para Pendukung)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement