Erick Thohir Ingin Dirut Bank Mandiri Jadi Wakil Menteri BUMN

Erick membuka peluang Wakil Menteri BUMN tidak hanya satu orang mengingat jumlah BUMN yang mencapai 142 perusahaan.
Image title
Oleh Ihya Ulum Aldin
23 Oktober 2019, 22:19
kementerian bumn, menteri bumn, erick thohir, wakil menteri BUMN, kartika wirjoatmodjo
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Menteri BUMN Erick Thohir menginginkan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mendampingi dirinya sebagai Wakil Menteri BUMN.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ingin Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo mendampingi dirinya sebagai Wakil Menteri BUMN.

Meski begitu, keputusan tersebut bakal dibahas dalam Rapat Terbatas (Ratas) yang digelar Kamis (24/10). Erick beralasan, Tiko sapaan akrab Kartika, merupakan sosok yang profesional sehingga cocok untuk menjadi Wakil Menteri BUMN.

"Iya (Tiko) salah satu kandidat. Saya rasa dia profesional dan lebih muda dari saya kan," kata Erick di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10).

Ia pun membuka peluang jumlah Wakil Menteri BUMN tidak hanya satu orang saja. Dia menyampaikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan mengizinkan jika jumlahnya mencapai lima orang, mengingat jumlah BUMN yang mencapai 142 perusahaan.

(Baca: Jadi Menteri BUMN, Erick Thohir Tak Masalahkan Utang BUMN)

"Tapi, kan kami lihat lah. Kan di sini ada juga Sekretaris Menteri BUMN dan deputi sudah ada, tugasnya sinkronisasi," kata Erick.

Meski begitu, Tiko yang datang dalam acara serah terima jabatan hari ini, tidak banyak berkomentar terkait dengan kabar dirinya yang akan dicalonkan menjadi Wakil Menteri BUMN. "Ah itu tanyakan saja kepada Pak Menteri BUMN (Erick Thohir)," kata Tiko.

Tiko diangkat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri sejak ditujuk dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 2015 lalu, menggantikan Budi Gunadi Sadikin. Sebelumnya, Tiko pernah menjabat sebagai  Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sejak 2014.

(Baca: Berharap Kerja Sama BUMN & Swasta, Ketua Kadin: Saya Lama Kenal Erick)

Reporter: Ihya Ulum Aldin

Video Pilihan

Artikel Terkait