Garuda Indonesia Bantu Hidupkan Kembali Merpati Airlines

Image title
16 Oktober 2019, 18:45
garuda indonesia, kerja sama operasional, merpati airlines
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Garuda Indonesia Group akan melakukan Kerja Sama Operasional (KSO) dengan Merpati Nusantara Airlines, untuk menghidupkan kembali bisnis maskapai tersebut.

Garuda Indonesia Group mendukung restrukturisasi Merpati Nusantara Airlines agar bisa beroperasi kembali. Dukungan tersebut dilakukan melalui Kerja Sama Operasi (KSO) yang ditandatangani hari ini, Rabu (16/10). Kerja sama ini dilakukan dalam jangka waktu 38 tahun.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra menjelaskan Garuda akan akan mendukung pengelolaan usaha kargo milik Merpati melalui aktivitas pengiriman barang-barang di wilayah Papua. Nantinya, pengangkutan kargo akan menggunakan pesawat milik Garuda, sedangakan Merpati Airlines akan bertindak sebagai agen pemasaran.

Advertisement

"Jadi kerja sama ini membantu Merpati untuk going concern, mendatangkan bisnis untuk Merpati tetapi Garuda juga dalam hal ini tidak merugi," kata Ari Askhara saat ditemui di Kementerian BUMN, Rabu (16/10).

Dalam bisnis kargo tersebut, pihaknya akan bekerjasa sama dengan PT Perikanan Nusantara dalam pemanfaatan cold storage untuk distribusi hasil perikanan nasional di domestik dan internasional.

(Baca: Menanti Pesawat Merpati Terbang Lagi)

Ari menjelaskan pengiriman ikan menggunakan pesawat dinilai lebih efisien, dan memberikan keuntungan lebih. Ssatu unit pesawat bisa mengangkut hingga 350 ribu kilogram ikan. "Kalau lewat jalur udara, ikan itu dalam kondisi hidup jadi masih bisa tahan 24 jam, sehingga tidak mati dan harganya 3 kali lipat lebih tinggi," ujarnya.

Selain itu, bisnis kargo tersebut juga didukung oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya yakni Semen Indonesia, Pertamina, Perum Bulog, Perusahaan Perdagangan Indonesia.

Tak hanya itu, Merpati Airlines juga akan bertindak sebagai agen pemasaran yang untuk layanan perawatan turbin milik Pertamina dan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Bisnis ini difasilitasi oleh maintenance, repair, and overhaul (MRO) Merpati Nusantara Group dan Garuda Indonesia Group. Garuda pun berpartisipasi mengelola pusat pendidikan milik Merpati Airlines.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement