Jokowi Tak Larang Demonstrasi saat Pelantikan Presiden dan Wakil

Dimas Jarot Bayu
16 Oktober 2019, 12:21
pelantikan jokowi maruf amin, demonstrasi
ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Ketua MPR Bambang Soesatyo (kelima kanan) dan wakil pimpinan MPR di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Pada pertemuan tersebut Presiden menyampaikan bahwa dia tidak melarang masyarakat untuk menyampaikan aspirasi atau ber-demonstrasi pada hari pelantikan dirinya bersama Ma'ruf Amin.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan tak bermasalah dengan penyampaian aspirasi atau demonstrasi saat acara pelantikan dirinya untuk menjabat di periode kedua bersama Ma’ruf Amin. 

Menurut Presiden, demonstrasi tak boleh dilarang, sebab hal tersebut merupakan hak masyarakat dalam menyatakan pendapat. “Namanya demonstrasi dijamin konstitusi,” kata Jokowi usai menemui sepuluh pimpinan MPR di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/10).

Sementara itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) hanya mengimbau masyarakat untuk tak menggelar aksi unjuk rasa ketika acara pelantikan berlangsung. Sehingga acara pelantikan berlangsung tanpa gangguan.

“Dengan demikian, akan memberikan pesan positif kepada dunia internasional. Itu akan membantu perekonomian kita, dan dengan ekonomi yang baik sama dengan membantu rakyat kita semua,” ujar Bamsoet.

(Baca: Konsultasi Pelantikan Presiden, 10 Pimpinan MPR Temui Jokowi di Istana)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...