Fadel Muhammad Cerita Wiranto Dioperasi dan Kehilangan Darah 3,5 Liter

Happy Fajrian
12 Oktober 2019, 13:19
wiranto, fadel muhammad, surya paloh
ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki
Menko Polhukam Wiranto (tengah) memberi keterangan pers usai meresmikan ruang kuliah bersama Universitas Matlaul Anwar di Pandeglang, sebelum ditusuk pasangan suami istri Syahril dan Fitri Andriana, sesaat turun dari mobil dan akan menuju helipad, di Menes, Banten, Kamis (10/10/2019).

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Fadel Muhammad menyebutkan bahwa Menko Polhukam Wiranto sudah tidak mendapatkan tindakan medis khusus seperti operasi lagi, hanya tinggal pemulihan.

Saat dikunjungi, Fadel mengatakan, Wiranto sudah bisa mengobrol sedikit walau mendapatkan penanganan operasi di usus kira-kira sepanjang 40 centimeter dan juga mengeluarkan darah sebanyak 3,5 liter.

Advertisement

Menurut Fadel, Wiranto masih harus banyak istirahat. "Sudah tidak ada tindakan yang khusus, hanya tinggal menunggu 'recovery' saja, mungkin sekitar dua minggu lagi," kata Fadel Muhammad usai membesuk Wiranto, di Jakarta, Sabtu (12/10).

"Sudah bisa bilang halo, tapi saya lebih banyak bicara sama ibu, karena dokter sedang mengecek bapak," kata dia menambahkan.

(Baca: Setelah Penusukan Wiranto, Luhut Bakal Evaluasi Sistem Keamanan)

Sebelumnya, Fadel menyarankan agar empat pejabat negara mendapatkan pengamanan yang ketat pasca penyerangan Wiranto. "Pengamanan harus sangat ketat, jangan sampai ada yang menyusup dan melakukan itu," kata Fadel.

Selain Wiranto, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Kepala BIN Budi Gunawan, serta Staf Khusus Presiden Bidang Intelijen dan Keamanan Gories Mere mesti diberlakukan pengamanan ketat.  

Menurut Fadel, keempat orang tersebut seharusnya sudah mendapatkan pengamanan ketat pasca Kapolri menyebutkan empat nama pejabat negara itu menjadi sasaran rencana pembunuhan. "Jadi saya prihatin, apa yang sudah diingatkan oleh pak Kapolri berkali-kali tidak ditindaki pengamanannya," ujarnya.

Ketua Umum Partai NasDem Juga Membesuk

Pada hari yang sama, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, juga membesuk Wiranto. Dia mengatakan bahwa Wiranto sudah dipindahkan perawatannya di kamar inap setelah mendapat tindakan medis operasi di RSPAD.

(Baca: Wiranto Ditusuk, Jokowi Minta Pengamanan Pejabat Negara Ditingkatkan)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement