AS-Tiongkok Rujuk, Trump Umumkan Kesepakatan Dagang Tahap 1

Happy Fajrian
12 Oktober 2019, 09:43
perang dagang, perundingan dagang, amerika serikat, tiongkok, kesepakatan dagang
123RF.com/Bravissimos
Ilustrasi perang dagang AS-Tiongkok. Perundingan dagang AS-Tiongkok selama dua hari yang berakhir Jumat (11/10), berakhir manis. Kedua negara akhirnya mencapai kesepakatan yang akan dibagi dalam beberapa tahap.

Perundingan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok yang berlangsung selama dua hari terakhir, Kamis (10/10) sampai Jumat (11/10), berakhir dengan kedua belah pihak yang berseteru akhirnya berhasil merumuskan kesepakatan yang akan diluncurkan dalam beberapa tahap.

Ini merupakan perkembangan yang sangat signifikan dalam upaya untuk menyelesaikan perang dagang yang telah berlangsung selama 15 bulan. Pada tahap pertama beberapa poin kesepakatan antara lain mencakup pertanian, nilai tukar, dan perlindungan hak atas kekayaan intelektual.

Advertisement

“AS telah mencapai ‘kesepakatan tahap satu yang sangat substansial’ dengan Tiongkok dalam negosiasi perdagangan berisiko tinggi antara dua negara ekonomi adidaya,” kata Presiden AS Donald Trump di Oval Office, didampingi oleh Perdana Menteri Tiongkok Liu He, Jumat (11/10) atau Sabtu pagi waktu Indonesia, dilansir dari CNBC.com.

Namun pengumuman tersebut tidak merinci banyak hal. Bahkan penandatanganan dokumen yang akan lebih merinci kesepakatan tersebut, baru akan dilakukan lima pekan kemudian. Dalam rentang waktu tersebut Trump mengatakan bahwa kesepakatan tersebut bisa saja runtuh, walau dia optimistis hal tersebut tidak akan terjadi.

(Baca: AS-Tiongkok Mendingin, Trump: Pembicaraan Dagang Berjalan Sangat Baik)

“Saya pikir kami memiliki pemahaman mendasar tentang masalah-masalah utama. Kami telah membahas sejumlah dokumen, tetapi masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan," kata Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement