Setelah Penusukan Wiranto, Luhut Bakal Evaluasi Sistem Keamanan

Rizky Alika
11 Oktober 2019, 14:08
luhut binsar pandjaitan, wiranto, penusukan wiranto, evaluasi sistem keamanan
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meminta agar semua pihak lebih waspada pasca-insiden penusukan Menko Polhukam Wiranto di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10). Luhut juga mengatakan akan mengevaluasi sistem keamanan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa dia akan lebih waspada usai peristiwa penusukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Jenderal TNI (Purn) Wiranto. Dia meminta seluruh pihak untuk berhati-hati dan akan mengevaluasi sistem keamanan.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, pengamanan di Kantor Luhut pun ditingkatkan sejak hari ini. Ada empat petugas yang berjaga di pintu masuk. Petugas tersebut menanyakan tujuan kedatangan tamu yang datang ke Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Advertisement

"Saya tentu lebih alert (waspada) menghadapi beginian. Tapi jangan terlalu berlebihan juga," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Jumat (11/10).

Selain itu, petugas juga mengecek barang bawaan tamu dengan pendeteksi logam serta meminta tamu untuk menggunakan kartu pengenalnya. Kemudian, setiap tamu juga diminta untuk melakukan registrasi kedatangan.

(Baca: Wiranto Ditusuk, Jokowi Minta Pengamanan Pejabat Negara Ditingkatkan)

Tidak hanya itu, tamu juga terus didampingi oleh petugas saat menaiki elevator. Di dalam elevator, tamu juga dipandu oleh salah satu petugas untuk menuju lantai yang dituju. Adapun, tamu yang hendak bertemu dengan Luhut akan kembali diperiksa tasnya saat tiba di ruangan. Petugas pun tampak memeriksa isi tas dengan teliti.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement