OPEC Janji Stabilkan Pasar, Harga Minyak Dunia Terkerek Naik Hampir 2%

Image title
11 Oktober 2019, 08:57
harga minyak, harga minyak mentah,
skkmigas.go.id
Ilustrasi pengeboran minyak. Harga minyak dunia naik setelah OPEC menyatakan akan menyeimbangkan pasar di 2020.

Harga minyak mentah dunia terkerek naik pada perdagangan Kamis (10/10) atau Jumat pagi waktu Indonesia. Kenaikan harga tersebut dipicu oleh Chairman OPEC yang menyatakan bahwa organisasi negara-negara pengekspor minyak tersebut mungkin akan mengambil tindakan untuk menyeimbangkan pasar.

Mengutip Reuters, harga minyak mentah berjangka jenis Brent, naik US$ 78 sen atau 1,3% menjadi US$ 59,10 per barel. Sedangkan harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate naik US$ 96 sen, atau 1,8% menjadi 53,55 per barel.

Advertisement

Sekretaris Jenderal OPEC Mohammad Barkindo tidak merinci apakah organisasi negara-negara pengekspor minyak akan memperpanjang pengendalian tingkat produksi untuk menstabilkan harga minyak.

"Pertemuan Desember antara OPEC dan sekutu termasuk Rusia akan mengambil keputusan yang akan membuat kita berada di jalur stabilitas tinggi dan berkelanjutan untuk 2020," kata Barkindo.

(Baca: Dipicu Ketegangan di Timur Tengah, Harga Minyak Dunia Naik Tipis

Akan tetapi komentar Barkindo menyuntikkan sedikit harapan ke pasar untuk harga minyak yang lebih stabil. "Barkindo mengirim sinyal bahwa OPEC serius dalam menstabilkan harga minyak," kata analis Price Futures Group, Phil Flynn seperti dikutip dari Reuters.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement