Harga Minyak Dunia Naik Seiring Potensi Gangguan Pasokan

Happy Fajrian
8 Oktober 2019, 11:15
harga minyak dunia, harga minyak mentah
Chevron
Ilustrasi sumur minyak. Harga minyak pada Senin (7/10) atau Selasa pagi waktu Indonesia barat naik seiring kekhawatiran pasar akan terganggunya suplai minyak dunia.

Harga minyak dunia naik pada akhir perdagangan Senin (7/10) atau Selasa pagi (8/10) waktu Indonesia Barat. Naiknya harga minyak dipengaruhi kekhawatiran terganggunya suplai minyak dengan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah dan kondisi politik yang tidak stabil di salah satu produsen minyak, Ekuador.

Mengutip Reuters, harga minyak mentah berjangka yang menjadi patokan di Amerika Serikat (AS), West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November naik 0,61% menjadi US$ 53,07 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, harga minyak mentah jenis Brent untuk pengiriman Desember naik 0,51% menjadi ditutup pada US$ 58,65 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Kondisi politik di Ekuador yang tengah menghadapi gelombang aksi demonstrasi yang memprotes kebijakan Presiden Lenin Moreno yang berencana menghapuskan subsidi bahan bakar (BBM) untuk menurunkan defisit fiskal.

(Baca: Data Tenaga Kerja AS Positif, Harga Minyak Dunia Turun Lagi)

Aksi protes ini juga menghantam produksi minyak lantaran perusahaan minyak Ekuador Petroamazonas harus menghentikan produksi di tiga lapangan minyak miliknya yang ‘diambil alih’ oleh ‘individu yang tidak berafiliasi dengan operasional perusahaan’, seperti dijelaskan Kementerian Energi Ekuador.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...