Persiapan HUT TNI, Penerbangan Pesawat Komersil di Halim Terganggu

Rizky Alika
2 Oktober 2019, 14:49
bandara soekarno hatta, bandara halim perdanakusuma, jadwal penerbangan, penerbangan dialihkan
ANTARA FOTO/Fauzan
Terminal 1C Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Sebanyak 15 penerbangan dari dan menuju Bandara Halim Perdanakusuma dialihkan ke Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) karena TNI AU mengadakan latihan militer untuk persiapan hari ulang tahun TNI pada 5 Oktober 2019.

Sebanyak 15 penerbangan domestik dari dan menuju Bandara Internasional Halim Perdanakusuma dialihkan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. Pengalihan penerbangan dilakukan lantaran adanya latihan militer Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) dalam persiapan peringatan hari ulang tahun TNI pada Sabtu (5/10).

Sebagai informasi, Halim Perdanakusuma merupakan bandara milik TNI-AU. “Semua ada 15 penerbangan dari dan ke Halim dialihkan ke Soekarno Hatta dari tanggal 30 September-5 Oktober," kata petugas Bandara Halim yang enggan disebutkan namanya di Jakarta, Rabu (2/10).

Advertisement

Namun berdasarkan pantauan Katadata.co.id, hari ini ada dua penerbangan di Halim yang mengalami penundaan (delay) yakni Citilink Indonesia dengan rute Jakarta-Malang dan Pelita Air dengan rute Jakarta-Cilacap. Untuk Citilink, penerbangan yang semula dijadwalkan pada pukul 07.30 WIB, diundur selama 3 jam menjadi pukul 10.30 WIB.

Salah satu penumpang, Dinda Muthmainah (26) mengatakan seharusnya pihak maskapai komersil dan TNI-AU telah melakukan koordinasi. Dengan demikian, tidak ada penerbangan yang ditunda. “Tadi sudah masuk dalam pesawat, lalu disuruh keluar lagi,” ujar dia.

(Baca: Kebakaran Hutan dan Musim Liburan Usai, Jumlah Penumpang Pesawat Turun)

Sementara itu, penumpang lainnya Rezha (24) menambahkan seharusnya pihak pengelola bandara memberikan informasi dari awal. “Kalau dari awal mau dipakai (latihan), kenapa tidak dialihkan saja dari awal ke Soekarno Hatta," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement