Menteri Rini Akan Kirim Surat ke MIND ID untuk Ambil Alih Saham Vale

Image title
1 Oktober 2019, 18:25
divestasi saham, vale indonesia, inalum, mind id, kementerian bumn
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian BUMN akan mengirimkan surat kepada MIND ID pekan depan agar segera mengeksekusi 20% saham Vale yang akan divestasi.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Fajar Harry Sampurno menyebutkan Menteri BUMN Rini Soemarno akan mengirimkan surat kepada Mining Industry Indonesia atau MIND ID terkait divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk.

MIND ID merupakan holding pertambangan milik negara yang sebelumnya bernama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Fajar menjelaskan penugasan MIND ID untuk mengambil alih 20% saham Vale sudah disetujui oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Keuangan.

Advertisement

"Dari Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan sudah tidak keberatan. Nanti Menteri BUMN akan menugaskannya melalui surat, paling tidak pekan depan," ujar Fajar saat ditemui di Jakarta, Selasa (1/10).

Namun, ia menegaskan bahwa nilai valuasi akan ditentukan oleh masing-masing pihak yaitu MIND ID dan Vale secara business to business (B to B). Sehingga, Vale bisa segera melakukan divestasi sahamnya.

(Baca: Bertemu Petinggi Vale, Jokowi Janji Percepat Divestasi)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement