Pasca-Insiden di Kendari, Kapolri Copot Kapolda Sulawesi Tenggara

Dimas Jarot Bayu
27 September 2019, 22:23
kapolri copot kapolda, dua mahasiswa kendari meninggal, tito karnavian
ANTARA FOTO/JOJON
Sejumlah mahasiswa duduk di depan ruang gawat darurat RS Ismoyo Kendari saat menanti jenazah rekannya yang tewas tertembak di Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (26/9/2019). Pasca-insiden tersebut, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian mencopot Brigjen (Pol) Iriyanto dari jabatan Kapolda Sulawesi Tenggara.

Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian mencopot Brigjen (Pol) Iriyanto dari jabatan Kapolda Sulawesi Tenggara. Berdasarkan Surat Telegram Kapolri nomor ST/2569/IX/KEP/2019 yang diterima Katadata.co.id, Iriyanto digantikan oleh Brigjen (Pol) Merdisyam.

Untuk diketahui, Iriyanto sebelumnya menjabat sebagai Dirsosbud Baintelkam Polri. Adapun, Iriyanto menempati jabatan baru sebagai Irwil III Itwasum Polri.

Advertisement

Pencopotan Iriyanto ini tak lama setelah kasus meninggalnya dua mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) saat demonstrasi di depan gedung DPRD Kendari pada Kamis (26/9). Kedua mahasiswa tersebut, yakni Randi (21) dan M. Yusuf Kardawi (19).

Randi yang merupakan mahasiswa Fakultas Perikanan UHO meninggal di lokasi kejadian dengan luka tembak di areal dada kanan. Sementara, Yusuf yang merupakan mahasiswa Fakultas Teknik sempat mengalami kritis.

(Baca: Polri Selidiki Dugaan Salah Prosedur Pengamanan Unjuk Rasa Kendari)

Yusuf lantas dilarikan ke RSUD Bahteramas, Kendari dan sempat menjalankan operasi di bagian kepala. Malang nyawa Yusuf tak bisa terselamatkan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement