Tekan Biaya Produksi, SKK Migas Dorong Sinergi Antar Kontraktor Migas

Image title
27 September 2019, 21:49
skk migas, infrastruktur gas, harga gas,
Katadata
Ilustrasi infrastruktur pengolahan gas. Untuk menekan biaya produksi demi menurunkan harga gas, SKK Migas mendorong adanya sinergi antar kontraktor migas dengan penggunaan infrastruktur gas secara bersama.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan dalam menekan biaya produksi, salah satu upaya yang dibutuhkan yakni sinergi antar kontraktor migas. Sehingga hal ini nantinya juga berdampak pada turunnya harga jual gas bumi domestik.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan sinergi dalam upaya menekan harga gas tersebut bisa dilakukan dengan cara penggunaaan fasilitas atau infrastruktur gas secara bersama. Pemerintah pun sudah memberikan kebijakan terkait penggunaan fasilitas bersama.

"Jadi kita harapkan siapa yang mempunyai infrastruktur, kita harapkan dipakainya lebih ramai. Sehingga per satuan yang mengalir lebih murah kalau open access," kata Dwi saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Jumat (27/9) malam.

Meski begitu, menurut Dwi langkah ini membutuhkan waktu untuk memberikan dampak secara nyata. Selain itu ia juga menyebut terkait pemulangan modal investasi yang lebih lama juga berpengaruh sehingga harga gas dapat diturunkan.

(Baca: ESDM: Harga Gas Bisa Turun pada Lapangan Migas yang Belum Berproduksi)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...