Jokowi Diprediksi Banyak Merombak Susunan Kabinet di Periode Kedua

Image title
26 September 2019, 17:14
jokowi, kabinet menteri, kementerian
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kiri) akan merombak kabinetnya jilid dua.

Pengamat menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal merombak kabinet menterinya pada periode kedua. Menteri yang paling menjadi sorotan yaitu di bidang ekonomi, perdagangan, keuangan dan keamanan. Ketiga bidang itu begitu disoroti karena pertumbuhan ekonomi yang kurang memuaskan serta keamanan yang tidak kondusif.

"Saya tidak akan menyebut nama, tapi hasil evaluasi kami sebagian besar dari mereka (menteri) terutama yang di bidang ekonomi tidak dipakai lagi. Mereka gagal menjalankan amanah yang diberikan pada mereka," ujar Peneliti Litbang Republik Merdeka Online (RMOL), Faisal Mahrawa dalam diskusi "Meraba Wajah Kabinet Jokowi Jilid 2" yang diadakan kantor berita RMOL di kawasan Cikini, Jakarta, Kamis (26/9).

Lebih lanjut, Faisal menjelaskan pada periode kedua Jokowi harus berani membuat perubahan dengan merombak kabinet baru dari kalangan profesional untuk menyelesaikan masalah ekonomi.

(Baca: Wajah Baru Kabinet Jokowi: Menteri Usia di Bawah 30 Tahun)

Beberapa kegagalan di bidang ekonomi yang disorotinya berupa melemahnya nilai tukar rupiah dan pertumbuhan ekonomi yang kurang memuaskan meskipun secara makro baik.

Namun, menurut Faisal pengusaha-pengusha kecil dan menengah tidak banyak berkembang karena meningkatnya biaya produksi dan transportasi. "Secara makro mungkin berhasil, tapi di akar rumput banyak masyarakat yang menjerit karena biaya kebutuhan pokok mahal," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...