Larangan Ekspor Nikel, Korsel Ingin Bangun Pabrik Baterai di Indonesia

Happy Fajrian
23 September 2019, 06:55
Deputi GM Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sultra PT Aneka Tambang (ANTAM) Nilus Rahmat (kiri) didampingi VP CSR Kamsi (kanan) memeriksa biji feronikel siap ekspor di Pelabuhan Pomala, Kolaka, Sultra, Selasa (8/5). Realisasi penjualan feronikel tahun
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Ilustrasi nikel dari PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Larangan ekspor nikel yang akan mulai berlaku pada 2020 membuat perusahaan asal Korea Selatan, LG Chemicals, berniat membangun pabrik baterai lithiumnya di Indonesia. LG Chem kemungkinan akan bermitra dengan Tiongkok atau dengan produsen mobil asal Jerman, Volkswagen.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan bahwa perusahaan asal Korea Selatan (Korsel), LG Chemicals, ingin membangun pabrik baterainya di Indonesia. Hal itu karena Indonesia akan memberlakukan larangan ekspor nikel mulai Januari 2020, serta harga nikel di pasar global yang terus naik.

Menurut Luhut, rencana tersebut merupakan dampak positif dari kebijakan larangan ekspor nikel dan akan mendukung rencana pemerintah dalam mengembangkan kendaraan listrik. Bahan baku baterai mobil listrik adalah nikel dengan kadar di bawah 1,4% yang saat ini masih diekspor.

"LG Chemical mengatakan sedang mempertimbangkan pengembangan fasilitas produksi baterai lithiumnya di Indonesia setelah mendengar rencana Indonesia untuk menerapkan pelarangan ekspor biji nikel efektif Januari 2020," kata Luhut di Beijing, Minggu (23/9), usai menghadiri ASEAN-China Expo di Nanning, Tiongkok.

Luhut mengungkapkan, LG Chemical kemungkinan akan membangun pabrik tersebut bermitra dengan Tiongkok atau Volkswagen, perusahaan pembuat mobil asal Jerman yang sekarang sedang mengembangkan produk mobil listriknya.

(Baca: Rugi Puluhan Triliun, Pengusaha Protes Larangan Ekspor Nikel)

"Mobil listrik juga menggunakan aluminium dan 'carbon steel' seperti untuk bagian sasis, mesin dan lainnya. Dengan demikian, kita berharap penerimaan pajak akan meningkat dan membuka lebih banyak lapangan kerja," ungkapnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...