Harga Emas Stabil Pascaserangan Ladang Minyak Arab Saudi

Happy Fajrian
17 September 2019, 10:10
harga emas, serangan kilang, arab saudi
KATADATA/Agung Samosir
Harga emas Antam stabil mengikuti harga emas dunia yang hanya naik tipis pascaserangan ke ladang minyak Arab Saudi pada akhir pekan lalu.

Pascalonjakan harga emas pada Senin (16/9) kemarin, harga logam mulia Aneka Tambang (Antam) hari stabil di harga Rp 753.000 per gram, atau tidak mengalami pergerakan. Sementara harga beli kembali (buyback) turun Rp 1.000 menjadi Rp 675.000 per gram.

Stabilnya harga emas Antam sejalan dengan harga emas dunia di pasar spot dan di pasar berjangka yang stabil. Di pasar spot harga emas stabil di level US$ 1.499,77 per ons, sedangkan harga emas berjangka di Divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik sebesar 0,8% menjadi US$ 1.511,5 per ons.

Pascaserangan pesawat tanpa awak (drone) ke fasilitas minyak milik perusahaan energi Arab Saudi, Saudi Aramco, di Albaiq dan Khurais, investor beralih ke aset-aset aman (safe haven), seperti emas dan obligasi, untuk memarkirkan dana mereka.

Namun kenaikan emas dibatasi oleh kenaikan greenback yang lebih kuat. Indeks dolar Amerika Serikat (AS), yang mengukur kekuatan dolar terhadap enam mata uang utama dunia, naik 0,39% menjadi 98,64 pada sore kemarin, sebelum penyelesaian perdagangan emas.

(Baca: Serangan Kilang Minyak Arab Picu Harga Emas Antam Naik Rp 8.000 / Gram)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...