RI Pastikan Garap Proyek Kereta Cepat Jakarta Surabaya dengan Jepang

Agatha Olivia Victoria
9 September 2019, 19:14
kereta cepat jakarta surabaya, tiongkok, jepang, luhut binsar pandjaitan
Ilustrasi. Di tengah ketertarikan Tiongkok dalam proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya, pemerintah memastikan akan menggarap proyek tersebut dengan investor dari Jepang.

Menanggapi ketertarikan pemerintah Tiongkok untuk berinvestasi pada proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa pemerintah lebih memilih untuk mengerjakan proyek tersebut dengan Jepang.

"Saya pikir masih prefer Jepang. Saya pikir agak sulit kalau Tiongkok karena Jepang benar-benar ingin untuk masuk di proyek itu. Kita juga lihat Jepang ini long time investor di Indonesia. Jadi Jepang sudah cukup maju dengan itu," katanya di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Senin (9/9).

Adapun saat ini, pemerintah sedang melakukan kerjasama yang cukup serius dengan Jepang. Kerjasama proyek kereta cepat ini disebutkan ia sedang didalami bersama Japan International Cooperation Agency (JICA).

Luhut melanjutkan, proyek tersebut kini telah masuk tahap studi dan menunggu untuk finalisasi. Sebelum studi selesai, pemerintah akan terlebih dahulu menandatangani nota kesepahaman dengan Jepang.

(Baca: Swasta Rencana Diajak Terlibat Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...