Jokowi Masih Bisa Pertimbangkan Kembali Nama-nama Calon Pimpinan KPK

Image title
2 September 2019, 11:47
kpk, seleksi calon pimpinan kpk,
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih (tengah) didampingi anggota pansel memimpin tes wawancara dan uji publik Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) periode 2019-2024 di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Formappi menilai masih ada ruang bagi Presiden Jokowi untuk mempertimbangkan nama-nama capim KPK yang diajukan pansel.

Proses rekrutmen pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2024 menuai kritik dan polemik. Pasalnya, dalam beberapa kali penyaringan, panitia seleksi (pansel) masih meloloskan calon-calon yang dianggap kurang integritasnya.

Menanggapi hal tersebut, peneliti dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menilai masih ada ruang bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mempertimbangkan calon-calon pimpinan KPK yang diajukan oleh pansel sebelum diserahkan kepada parlemen.

Advertisement

Sejauh ini, nama-nama kandidat yang diberikan pansel masih jadi sorotan publik karena dianggap tidak kompeten untuk masuk dalam bursa calon pimpinan KPK. Menurut Lucius, hanya di tangan Jokowi harapan publik memiliki komisioner KPK yang berkualitas bisa terwujud.

"Jika sudah lepas dari tangan Jokowi dan maju ke DPR situasinya akan menjadi sangat liar dan menjadi pragmatis. Kita tahu DPR sendiri menjadi sumber pelaku korupsi, tidak bisa kita harapkan lembaga ini untuk melahirkan komisioner yang berkualitas," ujarnya saat ditemui di suatu acara diskusi bersama awak media di Jakarta, Minggu (1/9).

(Baca: Pengamat: Masuknya Jaksa dan Polisi Jadi Pimpinan akan Lemahkan KPK)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement