Setelah Sempat Anjlok Hingga 7%, Harga Minyak Hari Ini Stabil

Image title
2 Agustus 2019, 10:12
Ilustrasi fasilitas pengeboran minyak lepas pantai. Harga minyak naik 1% pada Jumat (2/8) setelah sehari sebelumnya jatuh hingga 7%.
KATADATA
Ilustrasi fasilitas pengeboran minyak lepas pantai. Harga minyak naik 1% pada Jumat (2/8) setelah sehari sebelumnya jatuh hingga 7%.

Harga minyak naik sekitar 1% pada perdagangan Jumat (2/8). Harga minyak jatuh cukup dalam pada Kamis (1/8) kemarin setelah Presiden AS Donald Trump mengambil langkah untuk mengenakan tarif baru terhadap impor asal Tiongkok sebesar 10% yang akan mulai berlaku 1 September 2019 mendatang.

Mengutip Reuters, minyak mentah jenis Brent merosot lebih dari 7% pada Kamis, yang merupakan penurunan tertajam dalam lebih dari tiga tahun. Sedangkan harga minyak mentah AS turun hampir 8%, yang menjadi penurunan terburuk dalam lebih dari empat tahun terakhir.

Sedangkan hari ini, minyak mentah jenis Brent naik US$ 67 sen, atau 1,1%, menjadi US$ 61,17 per barel. Sedangkan harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) naik US$ 50 sen, atau 0,9%, pada US$ 54,45 per barel.

Trump mengatakan pada Kamis (1/8), bahwa dia akan mengenakan bea masuk tambahan 10% kepada impor barang asal Tiongkok senilai US$ 300 miliar mulai 1 September dan dapat menaikkan tarif lebih lanjut jika Presiden Cina Xi Jinping tidak bergerak lebih cepat untuk mencapai kesepakatan perdagangan.

(Baca: Harga Minyak Turun Karena Penurunan Bunga Acuan The Fed Terbatas)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...