Tiga Tips Startup untuk Gaet Investor dari Mandiri Capital indonesia

Michael Reily
18 Juni 2019, 17:44
startup, investor startup, Mandiri Capital Indonesia
Katadata | Donang Wahyu
Direktur Utama Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro

Anak perusahaan Bank Mandiri yang bergerak di bidang modal ventura, Mandiri Capital Indonesia, menyelenggarakan startup demo day 2019 untuk penutupan 11 startup binaan enam bulan terakhir.

Pada event ini, sebanyak 50 potensial investor menjadi undangan dalam presentasi para peserta Mandiri Digital Incubator batch dua.

Direktur Utama Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro mengungkapkan tiga tips bagi para startup untuk mendapatkan kepercayaan investor.

"Salah satu hal yang selalu kami tanyakan apa bisa produk startup menyelesaikan masalah," kata Eddi di Jakarta, Selasa (18/6).

Ia menjelaskan, tim Mandiri Capital Indonesia bertemu berbagai macam startup tiap pekan dan setiap pertemuan pertanyaan ini dilontarkan ke seluruh startup, tanpa melihat kapasitas potensi untuk jadi calon unicorn atau pembentukan initial public offering (IPO) atau penawaran saham perdana.

Menurutnya, startup yang menawarkan produk yang dapat menyelesaikan masalah pasti akan tumbuh besar. Apalagi, Indonesia merupakan pasar konsumen yang potensial karena populasi penduduk yang besar.

(Baca: Runhood Raih Penghasilan Rp 2 Miliar dari Olahraga Lari)

Tips kedua, sambung Eddi, adalah solidnya tim yang membentuk sebuah startup. Ia meminta setiap tim punya setidaknya dua orang pendiri sehingga risiko semakin kecil serta ide juga semakin besar.

Eddi menambahkan, pendiri yang hanya sendiri rentan jika terjadi sesuatu yang tidak terduga seperti kecelakaan atau lari dari tanggung jawab. "Pendiri tidak boleh single fighter," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...