Krakatau Steel Gandeng Chandra Asri Bangun Pabrik Pengolah Air Laut

Image title
17 Juni 2019, 21:03
Ilustrasi produk baja Krakatau Steel.
Agung Samosir|Katadata
Ilustrasi produk baja Krakatau Steel.

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS), melalui anak usahanya, PT Krakatau Tirta Industri (KTI) bekerja sama dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) membangun fasilitas pemanfaatan air laut untuk memproduksi air industri. Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan hari ini, Senin (17/6) di Gedung Krakatau Steel, Jakarta.

Direktur Utama Krakatau Steel, Silmy Karim menyatakan, pelaksanaan proyek ini sejalan dengan rencana pemerintah yang tengah gencar melaksanakan pembangunan di bidang infrastruktur. Selain itu, hal ini untuk membuka akses pengembangan industri di seluruh wilayah Indonesia.

"Proyek pemanfaatan air laut ini diharapkan menjadi langkah yang efektif untuk memenuhi kebutuhan air bagi kebutuhan industri khususnya bagi Chandra Asri dan sekitarnya. Ini adalah strategi baru Perseroan untuk mendorong perkembangan bisnis anak usaha yang berpotensi," ujar Silmy.

(Baca: Kreditur Bank BUMN Setujui Skema Restrukturisasi Utang Krakatau Steel)

Ada pun, dari proyek ini, nantinya KTI akan menjadi pemilik dari fasilitas tersebut dengan porsi kepemilikan antara 60% hingga 70%. Sementara, Chandra Asri akan menjadi pemilik dengan prosi sisanya yaitu antara 30% hingga 40%. Ada pun, valuasi nilai proyek ini diperkirakan mencapai Rp 1,5 triliun.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama KTI Agus Nizar Vidiansyah mengatakan, saat ini mereka tengah melakukan uji layak (feasibility study). Ada pun proyek ini direncanakan dapat mulai beroperasi pada triwulan IV-2022. Sementara, hingga tahun itu, Krakatau Steel masih dapat memasok air industri dari sumber-sumber air yang dimilikinya saat ini.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...