Kementerian ESDM Uji Coba Penggunaan B30, Akan Tempuh Jarak 50 Ribu Km

Image title
13 Juni 2019, 15:28
uji coba b30, kementerian esdm
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang petugas mengisi bahan bakar B30 di gedung KESDM, Jakarta, Kamis (13/6). B30 akan menggantikan pemakaian BBM impor sebesar 55 juta barel. B30 akan menggantikan pemakaian BBM impor sebesar 55 juta barel. 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan uji jalan atau road test dari program percampuran minyak sawit ke bahan bakar minyak (BBM) jenis solar sebanyak 30% atau B30. Uji coba B30 ini telah dilakukan mulai Mei dan akan berlangsung hingga Oktober, dengan total panjang jalan 50 ribu kilometer (km).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM Dadan Kusdiana menjelaskan road test ini dilakukan dengan dua jenis kendaraan yaitu kendaraan penumpang dan truk dengan bobot diatas 3,5 ton. Untuk kendaraan penumpang terdiri dari delapan unit mobil dari empat pabrikan yakni Toyota, Nissan, Mitsubishi, dan DFSK Super Cab. Sedangkan untuk truk yaitu Fusso, Izusu, dan UD Truck.

"Awal Oktober kami akan menyampaikan rekomendasi kesiapan B30 untuk tahun depan," ujarnya, saat peresmian uji coba B30 di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (13/6).

Adapun untuk tiga unit truk akan melakukan road test dengan menempuh jarak 40 ribu km dengan rute Lembang - Karawang - Cipali - Subang - Lembang sejauh 350 km per hari. Sedangkan delapan unit kendaraan penumpang akan menempuh jarak 50 ribu km dengan rute Lembang - Cileunyi - Nagreg - Kuningan - Tol Babakan - Slawi - Guci - Tegal - Tol Cipali - Subang - Lembang, sejauh 560 km per hari.

(Baca: Pelaku Usaha Targetkan Uji Coba B30 Rampung Oktober 2019)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...