H-2 Lebaran, 24.400 Pemudik Dijadwalkan Berangkat dari Stasiun Gambir

Image title
3 Juni 2019, 17:15
stasiun gambir, mudik lebaran, mudik kereta api
Katadata
Calon pemudik di Stasiun Gambir, Senin (3/6) siang. Sebanyak 24.400 pemudik dijadwalkan berangkat dari Stasiun Gambir hari ini.

Stasiun Gambir, Jakarta, pada H-2 Lebaran, Senin (3/6) siang tampak ramai dipenuhi oleh penumpang yang akan mudik menggunakan kereta api, baik bersama keluarganya mau pun sendirian. Meski begitu, pemandangan di Stasiun Gambir dinilai lebih lengang dibandingkan kemarin, Minggu (2/6).

Namun menurut data resmi dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI Daerah Operasi (Daop) 1, jumlah tiket yang terjual untuk pemberangkatan hari ini mencapai 24.400 tiket. Meski, hingga siang tadi kegiatan di Stasiun Gambir tampak lebih sepi dibandingkan hari kemarin.

Senior Manager Humas Stasiun Gambir Eva Chairunisa mengakui bahwa jumlah penumpang hari ini berpotensi lebih banyak. "Dengan penjualan tiket hari ini, sehingga, total pemudik yang sudah berangkat dari Stasiun Gambir sejak H-10 (26 Mei 2019) sekitar 178 ribu penumpang," kata Eva kepada Katadata.co.id, di Jakarta, Senin (3/6).

Salah seorang porter pengangkut barang bernama Dede pun mengakui bahwa siang ini jumlah penumpang di Stasiun Gambir relatif lebih sepi. Pasalnya jumlah barang yang diangkutnya sedikit berkurang hari ini. "Biasanya ratusan kali, tapi sekarang baru puluhan," kata Dede ketika ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (3/6).

(Baca: H-2 Lebaran, Kepadatan Kendaraan di Pelabuhan Merak Masih Terkendali)

Seorang petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang bertugas menjadi penjaga pengecekan tiket mengatakan, pemandangan yang lebih sepi ini karena sebagian penumpang sudah masuk ke dalam peron karena bakal ada keberangkatan. Meski begitu, pria yang tidak enggan disebutkan namanya tersebut mengatakan, hari ini memang tampak lebih lengang.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...