Realisasi Pertemuan Jokowi-Prabowo, Luhut Bilang Bolanya di Kubu 02

Michael Reily
27 Mei 2019, 14:57
Jokowi mengatakan bahwa pertemuan dengan Prabowo akan mendinginkan suasana dan menunjukkan bahwa elit-elit politik rukun-rukun saja.
ANTARAFOTO | Puspa Perwitasari
Jokowi mengatakan bahwa pertemuan dengan Prabowo akan mendinginkan suasana dan menunjukkan bahwa elit-elit politik rukun-rukun saja.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Presiden Joko Widodo menunggu respons penantangnya di Pilpres 2019 Prabowo Subianto untuk bertemu. Dia juga menegaskan bahwa tidak ada masalah dalam hubungan kedua tokoh.

Luhut menyatakan bahwa Jokowi terbuka kepada semua pihak untuk bertemu dan membangun Indonesia. "Ya, bolanya ada di sana (Prabowo)," kata dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/5).

Dia menjelaskan, kubu Jokowi telah mencoba untuk berkomunikasi di antaranya lewat pertemuan antara Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Prabowo. Namun, dia tidak menceritakan hasil pertemuan pada Kamis (23/5) lalu tersebut.

Sebagai pihak yang membantu pertemuan kedua tokoh, Luhut menyatakan hambatan pertemuan hanya tentang waktu yang tidak tepat. 

Luhut pun menyangkal adanya pertemuan antara dirinya dengan Penanggung Jawab Tim Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. "Saya tidak pernah ketemu Pak Hashim, supaya clear," ujarnya.

(Baca: Jokowi: Bertemu Prabowo Akan Mendinginkan Suasana)

Sebelumnya, Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno membenarkan pertemuan Prabowo dengan JK. Menurut dia, pertemuan tersebut merupakan bagian dari komunikasi politik pasca-Pilpres 2019. "Dalam koridor untuk kebaikan bangsa," ujarnya, Jumat (24/5).

Ia mengatakan, Prabowo akan terus menyampaikan kepada masyarakat untuk tetap bersikap tenteram, aman, dan damai. "Prabowo menyampaikan, langkah yang akan ditempuh sesuai dengan koridor undang-undang dan tahapan yang diatur konstitusi," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...