Lion Group Klaim Harga Tiket Pesawatnya Sudah Sesuai Aturan Baru

Ameidyo Daud Nasution
19 Mei 2019, 15:19
Harga tiket pesawat Lion Group diklaim sudah sesuai dengan aturan tarif batas atas (TBA) yang baru saja diterbitkan Kementerian Perhubungan.
Donang Wahyu|KATADATA
Harga tiket pesawat Lion Group diklaim sudah sesuai dengan aturan tarif batas atas (TBA) yang baru saja diterbitkan Kementerian Perhubungan.

Maskapai Lion Air menyatakan bahwa mereka akan patuh kepada keputusan pemerintah terkait turunnya harga tiket batas atas (TBA) pesawat. Maskapai berlogo singa itu mengatakan bahwa harga tiket pesawat Lion Air telah dijalankan sesuai aturan dari Kementerian Perhubungan selaku regulator.

Keputusan tersebut tertuang dalam dalam Keputusan Menteri Perhubungan (Menhub) Nomor 106 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. Melalui aturan ini, harga TBA tiket pesawat turun sebesar 12%-16% dan berlaku untuk seluruh maskapai penerbangan, tanpa terkecuali.

Advertisement

Corporate Communications Strategic Lion Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan besaran tarif yang disediakan Lion masih berada di koridor tarif batas atas layanan kelas ekonomi. Harga tiket dikatakannya dibagi menjadi pesawat jet dan baling-baling.

"Lion Air Group telah menghitung dan memberlakukan secara bijak," kata Danang kepada Katadata.co.id melalui pesan singkat, Minggu (19/5). 

(Baca: Tarif Batas Atas Turun Hari Ini, Tiket Pesawat Dinilai Masih Mahal)

Grup milik Rusdi Kirana ini memiliki maskapai jet dengan pelayanan penuh yakni Batik Air. Sedangkan layanan pesawat jet berbiaya murah dan reguler dilayani oleh Lion Air. Adapun Wings Air melayani penerbangan dengan pesawat bermesin baling-baling.

Danang mengatakan harga jual dihitung dengan mempertimbangkan beberapa komponen seperti tarif dasar menurut jarak, pajak sebesar 10% dari harga dasar tiket, iuran wajib Jasa Raharja (IWJR), hingga passenger service charge (PSC) alias airport tax.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement