Kecelakaan KRL, Jalur Jakarta-Bogor Hanya Beroperasi Sampai Depok

Kecelakaan terjadi pada KRL KA 1722 relasi Jatinegara-Bogor pada pukul 10.15 wib. Akibatnya, perjalanan KRL ke Bogor hanya sampai stasiun Depok.
Michael Reily
10 Maret 2019, 14:33
Kecelakaan KRL Jakarta-Bogor
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Kereta Rel Listrik KA 1722 tujuan Jatinegara-Bogor mengalami kecelakaan dan terguling di perlintasan Kebon Pedes, Bogor, pada Minggu pagi pukul 10.15 waktu Indonesia barat (WIB). PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyatakan saat ini masih fokus pada proses evakuasi sehingga penyebab kecelakaan masih dalam proses investigasi.

Vice President Communication KCI Eva Chairunisa memohon maaf atas gangguan perjalanan di lintas Bogor - Jakarta Kota/Jatinegara dan sebaliknya. “Hingga kini perjalanan KRL lintas Bogor Jakarta Kota/Jatinegara dan sebaliknya belum dapat dilayani,” kata Eva kepada Katadata.co.id, Minggu (10/3).

Eva menambahkan, perjalanan KRL dari arah Jakarta Kota maupun Angke/Jatinegara hanya sampai Stasiun Depok. Bagi para pengguna yang telah membeli tiket atau melakukan tap-in dapat melakukan refund di loket stasiun. Namun, pelayanan KRL di jalur lintas lain masih berlangsung normal.

Dia menjelaskan petugas dari PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 dan PT KCI telah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi penumpang dan KRL. Seluruh korban pun telah terevakuasi dari kereta yang kecelakaan.

Advertisement

(Baca: KCI Berencana Kurangi Subsidi Tarif Commuter Line)

Kecelakaan tersebut menyebabkan dua gerbong kereta terguling yaitu gerbong yang berada di rangkaian depan dan salah satunya gerbong kereta khusus perempuan. Dua gerbong kereta yang mengarah Bogor tersebut keluar dari jalur dan hampir menimpa rumah warga di sekitar perlintasan kereta.

Dikutip dari Antara, Kapolsek Tanah Sareal AKP Sarip Samsu mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, hanya luka-luka. Gerbong yang terguling ialah gerbong pertama yang merupakan gerbong khusus wanita dan gerbong kedua. Korban luka mayoritas perempuan. "Itu karena anjlok. Korban ada tiga orang, ada perempuan. Data lengkapnya nanti ya, masih kami himpun," tuturnya.

Sementara itu, Eva mengungkapkan, hingga pukul 12.10 WIB tercatat jumlah korban luka mencapai 17 orang, 9 orang dibawa ke Rumah Sakit Salak Bogor dan 8 orang lainnya dilarikan ke Pos Kesehatan Stasiun Bogor. "Bagi para pengguna yang menjadi korban maka akan mendapatkan perawatan kesehatan," ujarnya.

Berdasarkan video kecelakaan komuter KA 1722 dalam akun Twitter @Harsaputra4, kejadian terjadi karena kabel bagian atas bergoyang dan tersangkut pada kereta. Kecelakaan terjadi saat komuter sedang antre dalam perlintasan kereta di daerah Kebon Pedes, Bogor. "Ternyata waktu dicek kereta sudah terbalik," tulis cuitan @Harsaputra4.

(Baca: Ada Kereta Bandara, Commuter Line ke Tangerang Berkurang 17 Perjalanan)

Reporter: Michael Reily
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait