Jalan Tol Bakauheni-Palembang Sudah Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2019

Image title
19 Februari 2019, 14:36
Trans Sumatera
ANTARA FOTO/Ardiansyah
Kendaraan melintas di lokasi pembangunan pintu keluar Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Seksi II Ruas Sidomulyo-Kota Baru di Desa Sabah Balau, Lampung Selatan, Lampung, Senin (18/12). Pembangunan JTTS Ruas Bakauheni- Terbanggi Besar ditargetkan Selesai pada tahun 2018, sebelum pelaksanaan Asian Games.

PT Hutama Karya (Persero) menargetkan tol Trans Sumatera rute Bakauheni-Palembang sudah bisa difungsikan pada pertengahan tahun ini. Sehingga, jalan tol sepanjang 350 kilometer ini bisa digunakan untuk melayani arus mudik Lebaran 2019 yang jatuh pada awal Juni.

Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo mengungkapkan, beberapa ruas di tol Trans Sumatera saat ini sebenarnya sudah mulai beroperasi. Ruas-ruas yang sudah dibangun dan beroperasi yaitu Medan-Binjai (Helvetia sampai junction Tj. Mulia) sepanjang 17 km, meski masih ada beberapa kilometer yang belum selesai. 

Advertisement

"Palembang-Indralaya sepanjang 22 km sudah beroperasi. Kemudian Bakauheni-Terbanggi Besar 140 km sudah beroperasi tapi belum berbayar," kata Bintang ketika ditemui di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Selasa (19/2).

Bintang mengatakan, dengan difungsikannya tol trans Sumatera rute Bakauheni-Palembang, waktu tempuh Bakauheni-Palembang yang sebelumnya bisa mencapai 12 jam tanpa melalui tol, nantinya bisa ditempuh hanya dalam lima sampai enam jam saja.

(Baca: Pemerintah Genjot Pembangunan Infrastruktur Kawasan Wisata Prioritas)

Jalan tol Trans Sumatera sendiri bakal dibangun dari Bakaheuni yang berada di Provinsi Lampung hingga Provinsi Aceh. Nilai investasi dari proyek sepanjang 2.700 kilometer ini senilai Rp 250 triliun. Hingga akhir Januari lalu, Hutama Karya sudah membangun jalan tol Trans-Sumatera sepanjang 529 km, dengan ruas yang telah beroperasi penuh sepanjang 47 km.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement