Antisipasi Kekeringan, Lahan Gambut Akan Dipakai untuk Pertanian

Image title
4 Mei 2020, 21:59
lahan pertanian, lahan gambut, kementerian pertanian, kementan, pertanian
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Warga menyiram tanaman kangkung miliknya di bekas lahan gambut di Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Senin (27/1/2020).

Kementerian Pertanian (Kementan) berencana menggunakan lahan gambut untuk meningkatkan produksi pertanian di tengah ancaman kekeringan yang mungkin melanda pada musim tanam kedua.

Pasalnya ketika terjadi kekeringan, lahan rawa gambut memiliki persediaan air yang cukup. Hal ini dilakukan untuk mengatasi risiko defisit pangan.

Advertisement

"Kalau kekeringan sangat besar, persediaan air yang cukup adalah lahan rawa," kata Menteri Pertanian Syharul Yasin Limpo saat menggelar rapat virtual bersama Komisi IV DPR RI di Jakarta,  Senin (4/5).  "Lahan rawa yang bisa digunakan kurang lebih satu juta hektare."

Menurut dia, saat ini pihaknya telah menambah luas area sawah di musim tanam pertama seluas 600 ribu hektare. Kedua program tersebut dilakukan secara dalam waktu bersamaan untuk mempercepat panen raya dan menjaga ketahanan pangan di masa pandemi corona.

(Baca: Mentan: Sektor Pertanian Bisa Cegah Krisis Darurat Corona)

Adapun untuk menangani masalah pandemi corona, kata Syahrul diperlukan dua skema. "Kami menyatakan gentingnya pertanian di saat seperti ini. Bahkan secara jelas kami mengatakan solusi Covid-19 tidak hanya medical solution tapi food security akan jauh lebih berperan," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement