Pasokan Ayam Hidup Berkurang, Harga di Tingkat Peternak Berangsur Naik

Image title
6 Mei 2020, 13:46
harga ayam hidup, peternak ayam, ayam hidup, harga ayam
ANTARA FOTO/Syaiful Arif
Peternak ayam. Jumlah pasokan ayam hidup di pasar berangsur turun sehingga mendongkrak harga di tingkat peternak.

Harga ayam hidup atau live bird di tingkat peternak berangsur-angsur membaik seiring dengan berkurangnya jumlah pasokan di pasaran. Hal ini telah terjadi dalam dua hari terakhir.

Sekretaris Jenderal Gabungan Organisasi Peternak Ayam (Gopan) Suegeng Wahyudi menyebutkan saat ini harga ayam hidup sebesar Rp 17.000 dengan biaya produksi sebesar Rp 16.000. Dia pun berharap kondisi ini akan terus membaik dalam beberapa waktu ke depan.

Advertisement

"Ini dalam keadaan wajar tapi baru beberapa hari ini kurang lebih dua hari dalam batas yang wajar atau normal. Kami berharap ini akan terjadi dalam waktu yang panjang," kata Sugeng kepada Katadata.co.id, Rabu (6/5).

Adapun harga ayam di tingkat konsumen secara nasional berdasarkan situs Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) per 6 Mei 2020 Rp 29.050 per kilogram (kg).

(Baca: Peternak Ayam Sebut Serapan Pemerintah Tak Efektif Dongkrak Harga)

Menurut dia, berkurangnya pasokan ayam hidup di pasaran terjadi lantaran faktor alami dan bukan karena adanya intervensi dari pemerintah yang berencana menyerap ayam. Minimnya peternak yang bekerja saat harga anjlok membuat jumlah pasokan berkurang yang berdampak pada kembali normalnya harga.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement